c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Danlantamal IX Berikan Kesempatan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Maluku Pelatihan Evakuasi Medis Laut

Senin, 5 Desember 2022 12:42:44 - Oleh : admin - Dibaca : 222 kali

Danlantamal IX Berikan Kesempatan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Maluku Pelatihan Evakuasi Medis Laut

Komandan Pangkalan Utama (Danlantamal) IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., memberikan edukasi kepada 80 mahasiswa Poltekkes Kemenkes Maluku program studi D3 Kebidanan, jika terjadi kecelakaan laut.

Giliran Poltekkes Kemenkes Maluku program studi D3 Kebidanan yang mendapatkan kesempatan untuk mempraktekkanya langsung dengan didukung oleh Lantamal IX Ambon.

Dalam kesempatan tersebut, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina pada Minggu (04/12/2022) memberikan kesempatan untuk seluruh Universitas dengan basic kesehatan yang bersinergi dengan Lantamal IX Ambon untuk bisa melalukan praktek cara menangani kecelakaan di laut. "Praktek ini dilakukan dengan menggunakan metode "Evakuasi Medis Laut" para instruktur menunjukkan cara bagaimana menanggulangi apabila terjadi ada korban kecelakaan di laut," ucapnya.

Lebih lanjut, Danlantamal IX menyampaikan bahwa setelah diajarkan secara materi di kelas sekarang para mahasiswa bisa merasakan praktek langsung di medan yang sebenarnya. Beberapa materi yang dilatihkan antara lain, Evakuasi Korban Tenggelam Menggunakan Tandu Air, Penanganan Korban Tenggelam Dengan Perahu Karet, Resusitasi Jantung Paru (RJP), dan Teknik Mengapung (UETIMATE) para mahasiswa terlihat sangat antusias melakukan latihan kali ini.

Kegiatan ini dibantu oleh para instruktur dari tim Kesehatan Lantamal IX Ambon yang sudah berpengalaman dan dukungan perahu karet dari Satuan Kapal Patroli (SATROL) Lantamal IX Ambon para mahasiswa bisa belajar dan mengambil pengalaman kali ini dengan hasil yang maksimal, tidak lupa didampingi dengan dosen pendamping dari Kampus dan juga salah satu dosen yang menjadi instruktur. Beliau juga berdinas di Lantamal IX Ambon yaitu Kapten Laut (K) Agus Wijaya, diharapkan dengan terlaksananya pelatihan tersebut mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman yang berharga untuk digunakan setelah lulus dari pendidikan.

 

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa
Jum`at, 25 November 2022
Panglima TNI Tinjau Lokasi Gempa Cianjur Kirim Bantuan dan Bawa 8 Ribu Paket Makanan
Selasa, 8 November 2022
Panglima TNI cek alutsista pengamanan KTT G20