c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Upacara Peringatan Hari Armada RI Tahun 2022 di Koarmada III

Senin, 5 Desember 2022 14:21:04 - Oleh : admin - Dibaca : 329 kali

Upacara Peringatan Hari Armada RI Tahun 2022 di Koarmada III

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla, yang didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada III, Ny. Yuanita Irvansyah hadir dalam Upacara peringatan Hari Armada Republik Indonesia tahun 2022 yang dilaksanakan secara terpusat di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau yang dipimpin langsung Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.  Senin (05/12/22).

Sementara itu, bertempat di Lapangan Apel Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong Papua Barat, Koarmada III melaksanakan upacara hari Armada RI yang dipimpin Kepala Staf Koarmada III  Laksamana Pertama TNI  Rudhi Aviantara IH, S.E., M.Si, M.Tr (Han), dan dihadiri Komandan Lantamal di jajaran Koarmada III, Kasdam XVIII/ Kasuari, Danrem 181/PVT Sorong, Wakapolda Papua Barat, PJ Walikota Sorong, serta pejabat sipil dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Staf Koarmada III, membacakan amanat Kasal, antara lain menyampaikan bahwa Hari Armada RI tahun ini tidak hanya istimewa dan bersejarah, namun juga memiliki nilai strategis dengan resminya perpindahan Mako Koarmada I beserta Satuan Jajaran,  hal ini merupakan bentuk kepekaan TNI Angkatan Laut Terhadap dinamika lingkungan yang terus berubah dan berkembang. Situasi dunia dan kawasan yang bergerak sangat dinamis mengharuskan TNI Angkatan Laut untuk terus membangun dan menata kekuatan, agar dapat merespon setiap ancaman terhadap kedaulatan negara dan keamanan laut nusantara secara cepat, tepat dan efektif.

Oleh karena itu, melalui pemindahan Mako Koarmada I dan Satuan Jajaran, akan meningkatkan mobilitas dan mempercepat waktu reaksi pengerahan kekuatan kapanpun, dimanapun dibutuhkan, dan disadari, langkah besar yang diambil ini tentu saja membawa konsekuensi yang tidak mudah serta membutuhkan kesadaran, keikhlasan, serta semangat dan kerja keras kita semua, ungkap Kasal.

Sementara itu pada bagian lain Kepala Staf Koarmada III, menyampaikan kepada awak media bahwa seluruh Prajurit Koarmada III selalu siap menjaga kedaulatan dan hukum dilaut di seluruh wilayah perairan di wilayah Koarmada III yaitu Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara, serta menjaga perbatasan perairan Indonesia dengan Papua Nugini, Timor Leste, Palau, Philipina dan Australia secara terus menerus dalam setiap tahunnya..

Adapun rangkaian peringatan Hari Armada RI tahun 2022 yang dilaksanakan Koarmada III setelah selesai upacara ditampilkan, Sailing Pass yang diikuti 5 KRI yaitu KRI Tatihu-853, KRI Posepa-870, KRI Gulamah-869, KRI Layaran-854 dan KRI Madidihang-855. KAL Wayag II-14-10, 3 KN (Kapal Negara) yaitu KN Baladewa (Basarnas), KNP 3601 (KPLP) dan BC 9001 (Bea Cukai) serta G7, RHIB, Ambulance Boat dan LCVP, dan atraksi Beladiri dari 75 personel Pasmar 3 serta defile pasukan, namun untuk Demo Terjun/ Freefall, Stabo dan Fast Rope dibatalkan karena cuaca yang tidak mendukung.

Selain itu untuk menyemarakan Hari Armada Tahun 2022,  Koarmada III melaksanakan berbagai macam lomba diantaranya lomba foto, menggambar dan mewarnai yang dilaksanakan tepat pada hari Armada, serta kedepan akan dilaksanakan lomba Dayung dan Fun Run pada tanggal 10 Desember 2022, Roadbike Open Race Goku Sorong 2022 pada tanggal 11 Desember 2022, dan lomba Mancing dan Renang Pulau Doom yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 dan 18 Desember 2022.

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa
Jum`at, 25 November 2022
Panglima TNI Tinjau Lokasi Gempa Cianjur Kirim Bantuan dan Bawa 8 Ribu Paket Makanan
Selasa, 8 November 2022
Panglima TNI cek alutsista pengamanan KTT G20