c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Dislitbangad Gelar Uji Coba (Sertifikasi) Munisi Kaliber 155 MM

Sabtu, 13 Mei 2023 12:10:52 - Oleh : admin - Dibaca : 89 kali

Dislitbangad Gelar Uji Coba (Sertifikasi) Munisi Kaliber 155 MM

Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD Gelar Uji Coba Sertifikasi Munisi Kaliber 155 MM Produk Expal Systems Spanyol untuk Meriam Caesar Yang Diajukan Oleh PT Expalindo Sukses Pratama di Lapangan Tembak Sub Lab Uji Laboratorium Dislitbangad, Ambal, Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (11/5/2023).

Munisi kaliber 155 ER02A1 HE, 155 ER02A1 HE BB dan Smoke HC M116A1 merupakan munisi bekal pokok satuan Armed, munisi tersebut untuk melukai/membunuh sasaran personel, sasaran lapis baja dan sasaran darat lainnya sesuai tujuan tertentu. Dalam rangka memberikan bantuan tembakan, munisi ini harus memiliki ketelitian tembak dan daya hancur yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan moril pasukan depan yang didukung. Sedangkan dalam rangka meningkatkan pergerakan taktis operasional maka munisi ini didesain memiliki jarak tembak maksimum yang relatif jauh dari kaliber di bawahnya sehingga dapat memberikan bantuan tembakan yang cukup jauh dan efektif.

Sehubungan dengan hal tersebut untuk mengetahui unjuk kerja kemampuan munisi kaliber 155 ER02A1 HE, 155 ER02A1 HE BB dan Smoke HC M116A1, Dislitbangad selaku pemegang LKT membentuk struktur organisasi dalam pelaksanan uji coba dengan Kadislitbangad sebagai Kagiat, Sesdislitbangad sebagai Dalwaslakgiat, Kasubdismat Dislitbangad sebagai Kalakgiat, Pa Ahli Matut Dislitbangad sebagai Konsultan dan Kalab Dislitbangad sebagai Katim Uji Teknis serta dibantu personel Dislitbangad lainnya untuk memperoleh data uji nilai guna materiil, yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pimpinan dalam menentukan kebijakan pengadaan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD.

Adapun Materi Uji dan Persyaratan meliputi berbagai aspek yaitu konstruksi dan perlengkapan, kemampuan, kelancaran kerja dan insani, kemampuan, kelancaran kerja dan insani.

Metode dan teknik pengujian menggunakan metode uji laboratorium dan uji lapang serta menggunakan teknik pengukuran, pencatatan dan penghitungan serta pengamatan sehingga sehingga diperoleh data terhadap gejala yang ditimbulkan dari perlakuan sampel yang di uji coba.

Selain Pejabat dari Dislitbangad hadir juga Paban III/Litbangasro Srenum TNI, Irut-3/Litbangasro Itren Itjenad, Paban III/Litbangasro Srenaad, Paban IV/Pam Sintelad Spamad, Paban IV/Binsisops Sopsad, Paban VI/Alpal Slogad, Dirsen Pussenarmed, Dirbinlitbang Pussenarmed, Kasubditbinmu Sdircab Puspalad, Kasubdissertilaik Dislaikad dan Direktur serta Staf PT Expalindo Sukses Pratama

 

 

Podcast
 
"Berbuat Baiklah"      
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 18 Maret 2024
TNI Pastikan Tak Terkait Klaim Rusia: Tentara Bayaran Bukan Tugas TNI
Rabu, 28 Februari 2024
Jokowi Hadiri Rapim TNI-Polri 2024
Rabu, 21 Februari 2024
TNI AL Kerahkan Kapal Korvet dan Helikopter Panther Ikuti Latihan dengan 47 Negara di India
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon




Tiktok