c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Angkatan Laut 36 Negara Meriahkan MNEK 2023 Makassar

Selasa, 6 Juni 2023 09:08:32 - Oleh : admin - Dibaca : 230 kali

Angkatan Laut 36 Negara Meriahkan MNEK 2023 Makassar

TNI Angkatan Laut menggelar event berskala internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-4 tahun 2023 yang dimeriahkan Angkatan Laut dari 36 negara. Kegiatan yang bertajuk "Partnership To Recover And To Rise Stronger" secara resmi dibuka oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., bertempat di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar Sulawesi Selatan. Senin (05/06).

Kegiatan pembukaan MNEK 2023 ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Panglima TNI, Kasal, Gubernur Sulawesi Selatan dan Walikota Makassar. Selain itu juga dilaksanakan penandatanganan prasasti 36 negara yg hadir.

Dalam sambutannya, Panglima TNI menyampaikan bahwa MNEK merupakan latihan non perang dengan mengedepankan kerja sama maritim di kawasan regional, penanggulangan bencana serta operasi kemanusiaan guna mempererat kerja sama antara TNI AL dengan negara negara sahabat.

Acara pembukaan dimeriahkan dengan berbagai atraksi memukau seperti, demonstrasi terjun payung dari Kopaska dan Taifib TNI AL, TNI AU, Satbrimob Polda Sulawesi Selatan, demo pesawat udara Bonanza oleh para penerbang TNI Angkatan Laut, Genderang Suling Gita Jalataruna AAL, tarian kolosal Ma'biring Kassi, serta melibatkan pesawat Sukhoi milik TNI AU.

MNEK ke-4 tahun 2023 bukan saja latihan bersama, akan tetapi juga diselenggarakan berbagai rangkaian kegiatan bakti kemanusiaan diantaranya Engineering Civic Action Programme (ENCAP), dengan membangun monumen MNEK di Center Point Indonesia, lorong wisata, perbaikan atap SMP Lae-Lae dan perbaikan sarana jalan di Lanraki. Sedangkan Medical Civic Action Programe (MENCAP) dengan melaksanakan pengobatan gigi, khitanan massal dan operasi katarak.

Setelah pembukaan, Panglima TNI beserta pejabat dan tamu undangan melaksanakan International Fleet Review (IFR) dengan menggunakan KRI Bung Karno-369.

 

 

 

Podcast
 
Persahabatan yang didasari oleh keikhlasan dan kasih sayang, akan melahirkan keabadian dalam kebersamaan. Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto
Quote Panglima TNI
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 18 Maret 2024
TNI Pastikan Tak Terkait Klaim Rusia: Tentara Bayaran Bukan Tugas TNI
Rabu, 28 Februari 2024
Jokowi Hadiri Rapim TNI-Polri 2024
Rabu, 21 Februari 2024
TNI AL Kerahkan Kapal Korvet dan Helikopter Panther Ikuti Latihan dengan 47 Negara di India
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon




Tiktok