c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Koarmada III Gandeng Instansi Maritim Gelar Manuver Lapangan Latihan Penanggulangan Bencana Di Perairan Katapop Selat Sele

Sabtu, 9 September 2023 11:50:10 - Oleh : admin - Dibaca : 34 kali

Koarmada III Gandeng Instansi Maritim Gelar Manuver Lapangan Latihan Penanggulangan Bencana Di Perairan Katapop Selat Sele

Pangkoarmada IIl Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi yang diwakili  Kapok Sahli Koarmada III Laksamana Pertama TNI Ridwan Prawira selaku Direktur Latihan, memimpin pelaksanaan Manuver Lapangan (Manlap) Latihan Penanggulangan Bencana (Latgulben) di Perairan Katapop dan Pantai Katinim, Selat Sele Sorong, Papua Barat Daya. Jumat (08/09/2023).

Adapun pelaksanaan latihan tersebut dilatarbelakangi dengan Kota Sorong Papua Barat Daya yang berdasarkan data dari BMKG memiliki potensi bencana alam yang cukup rawan, antara lain banjir bandang, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, kekeringan, kebakaran hutan, cuaca ekstrim, abrasi dan banjir.

Guna meningkatkan kesiapsiagaan operasional unsur-unsur Koarmada III beserta prajuritnya serta dalam upaya menyamakan persepsi sebagai wujud dari interoperability dan sinergitas antar instansi terkait maka dilaksanakan Latihan Penanggulangan Bencana secara terpadu.

Manuver Lapangan Latgulben tersebut melibatkan para prajurit Koarmada III beserta unsur-unsurnya antara lain KRI Teluk Lada 521, KRI Mata Bongsang-873, Satkopaska Koarmada III, Dislambair Koarmada III, Tim Medis Diskes Koarmada III dan pesawat CN 235 Puspenerbal. 

Latihan yang diikuti oleh 311 personel ini berlangsung dengan semangat luar biasa ditunjukkan oleh instansi-instansi terkait yang terlibat Manuver Lapangan dalam menunjukkan keahlian dan ketangkasan masing-masing sesuai bidangnya antara lain Kansar Sorong yang menurunkan KN. Baladewa, KSOP Sorong menghadirkan KN. P.379, BMKG Sorong menyajikan prakiraan cuaca, Dinkes Sorong menurunkan ambulance dan personelnya dan Dinas Sosial menyiapkan tenda-tenda sebagai tempat evakuasi maupun dapur lapangan.

Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi berkeyakinan bahwa para Prajurit Koarmada III dan Instansi terkait yang terlibat latihan telah meningkatkan kemampuan dan ketrampilannya serta dapat mewujudkan kesamaan pandangan dalam melaksanakan pertolongan dengan cepat dan tepat sasaran.

Pada kesempatan tersebut Pangkoarmada III mengucapkan terimakasih kepada instansi-instansi yang terlibat dalam latihan ini dengan harapan terwujudnya sinergitas dalam melaksanakan tugas bersama di wilayah kerja Koarmada III yaitu di wilayah Papua dan Maluku. 

Podcast
 
Persahabatan yang didasari oleh keikhlasan dan kasih sayang, akan melahirkan keabadian dalam kebersamaan. Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto
Quote Panglima TNI
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 18 Maret 2024
TNI Pastikan Tak Terkait Klaim Rusia: Tentara Bayaran Bukan Tugas TNI
Rabu, 28 Februari 2024
Jokowi Hadiri Rapim TNI-Polri 2024
Rabu, 21 Februari 2024
TNI AL Kerahkan Kapal Korvet dan Helikopter Panther Ikuti Latihan dengan 47 Negara di India
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon




Tiktok