c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Lanal Cilacap Berhasil Gagalkan Pencurian Batubara

Minggu, 10 September 2023 12:00:55 - Oleh : admin - Dibaca : 13 kali

Lanal Cilacap Berhasil Gagalkan Pencurian Batubara

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap jajaran Koarmada II dibawah pimpinan Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Bambang Subeno, berhasil menangkap komplotan pencuri batubara yang beraksi di atas Kapal Tongkang Azamara 5 dan mengamankan 2 ton barang bukti batubara, di wilayah perairan Dermaga Wijayapura, Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan. Sabtu (9/9).

Dari kronologi kejadian yang dijelaskan oleh Danlanal Cilacap, diketahui Sekitar pukul 19.39 WIB personel jaga Obvit saat melaksanakan patroli ke Dermaga Wijayapura tempat sandar Kapal Tongkang Azamara 5 yang sedang melaksanakan bongkar batubara lalu didapati adanya beberapa orang yang sedang melakukan pencurian dengan menggunakan sekop untuk dipindahkan ke kapal fiber yang dibawa.

Mengetahui ada personel patroli, para pelaku melarikan diri dengan kapal yang digunakan untuk mencuri. Kemudian Unit Intel dan personel KAL melaksanakan pemantauan untuk antisipasi pencuri datang kembali dan benar saja pada pukul 01.30 WIB para pelaku kembali melakukan pencurian batu bara dan pada saat mereka bekerja tim patroli merapat untuk menghentikan kegiatan tersebut.

Dari enam pelaku, terdapat satu orang pelaku berhasil ditangkap berinisial S (45), nelayan warga Tambakreja, Cilacap Selatan, bersama kapal dan barang bukti kapal fiber berukuran 4GT tanpa nama yang digunakan dalam tindak pencurian.

Pelaku saat ini dibawa ke Kantor Pomal Lanal Cilacap untuk dimintai keterangan dan langsung diserahkan ke Mapolresta Cilacap. Sedangkan Tim Patroli Laut mengamankan barang bukti 1 unit perahu yang berisi batu bara sejumlah 39 karung dengan berat total 2 ton.

Penangkapan ini merupakan implementasi dari perintah Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr.Opsla., bahwa sebagai prajurit TNI Angkatan Laut harus slalu sigap dalam menjaga dan mengamankan wilayah Laut Indonesia.

Podcast
 
"Berbuat Baiklah"      
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 18 Maret 2024
TNI Pastikan Tak Terkait Klaim Rusia: Tentara Bayaran Bukan Tugas TNI
Rabu, 28 Februari 2024
Jokowi Hadiri Rapim TNI-Polri 2024
Rabu, 21 Februari 2024
TNI AL Kerahkan Kapal Korvet dan Helikopter Panther Ikuti Latihan dengan 47 Negara di India
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon




Tiktok