c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Membanggakan, Satgas MTF TNI AL Berhasil Raih Nilai Sempurna dalam 3rd Quarter Evaluation dan 3rd Quarter Contingent Owned Equipment

Sabtu, 16 September 2023 10:55:04 - Oleh : admin - Dibaca : 60 kali

Membanggakan, Satgas MTF TNI AL Berhasil Raih Nilai Sempurna dalam 3rd Quarter Evaluation dan 3rd Quarter Contingent Owned Equipment

Terus berkomitmen terapkan standar tinggi dalam pembinaan personel, pemeliharaan alutsista, dan pemenuhan seluruh standar PBB berbuah manis, Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL mendapat kepercayaan dari MTF Commander, Rear Admiral Dirk Gartner berkebangsaan Jerman untuk mewakili unsur MTF mengikuti 3rd Quarter Evaluation, pekan ini. 

Kegiatan evaluasi ini merupakan pilot project yang baru diterapkan tahun 2023 dengan metode peninjauan langsung dan sistem berbasis aplikasi langsung di monitor oleh Markas Besar PBB di New York. Adapun evaluasi yang dilaksanakan mencakup aspek kemampuan kapal dan kompetensi prajurit, situational awareness, command control, information sharing, capacity building, pemahaman terhadap seluruh Standard Operating Procedure (SOP) dan regulasi yang diberlakukan UNIFIL, serta berbagai capaian hingga kuartal ketiga tahun 2023. 

Tim evaluator yang dipimpin Chief of Maritime Operation UNIFIL dan Head of Planning Branch MTF memberikan apresiasi atas high level standard yang diterapkan Satgas dalam memenuhi requirement PBB. Tim juga menyampaikan terima kasih dan kesan yang mendalam atas kebersihan kapal, hospitality dan performa impresif prajurit.

Tidak berselang lama, seusai ontask ke-31 Satgas MTF kembali melaksanakan 3rd Quarter Contingent Owned Equipment (COE) Inspection. Tim dipimpin oleh Chief of Maritime Security Committee, Mr. Eric Sevor, Chief COE Unit, Mrs. Mona Manolescu dengan 9 anggota tim UNIFIL dari berbagai kewarganegaraan meliputi Brazil, India, Indonesia, Inggris, Jerman, Perancis, dan Rusia. 

"COE Inspection kali ini mencakup aspek konfigurasi dan kemampuan kapal maupun heli, self-sustainment, operational requirement, medical requirement, serta kompetensi pengawak. Seluruh aspek yang diinspeksi berhasil memenuhi standar PBB berdasarkan Letter of Assist terbaru yang diberlakukan sejak 1 Desember 2022", terang Dansatgas, Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh.

Pada kesempatan ini, Tim juga meninjau langsung anjungan, Pusat Informasi Tempur (PIT), dapur, ruang kesehatan, ruang laundry, ruang mesin, bengkel mesin dan elektronika, ruang rekreasi, serta akomodasi prajurit. Ketua tim menyimpulkan bahwa KRI Frans Kaisiepo-368, Heli Panther HS-1306 dan personel pengawaknya telah sesuai standarisasi PBB secara sempurna tanpa catatan. Ketua Tim juga menyampaikan kekagumannya terhadap kebersihan dan kemampuan kapal yang menurutnya seperti kapal baru dan tampak berkilau di setiap sudut yang dikunjunginya.

Dalam berbagai kesempatan, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Kalasena yang tengah mengamban misi perdamaian dunia untuk terus memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan serta menjaga citra dan nama baik TNI AL dan bangsa Indonesia agar tetap harum di dunia internasional.  

Podcast
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 18 Maret 2024
TNI Pastikan Tak Terkait Klaim Rusia: Tentara Bayaran Bukan Tugas TNI
Rabu, 28 Februari 2024
Jokowi Hadiri Rapim TNI-Polri 2024
Rabu, 21 Februari 2024
TNI AL Kerahkan Kapal Korvet dan Helikopter Panther Ikuti Latihan dengan 47 Negara di India
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon




Tiktok