c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Tingkatkan Profesionalisme, Pengawak Kapal Perang Koarmada III Terima Pelatihan Electronic Navigation Chart

Jum`at, 22 September 2023 10:48:34 - Oleh : admin - Dibaca : 18 kali

Tingkatkan Profesionalisme, Pengawak Kapal Perang Koarmada III Terima Pelatihan Electronic Navigation Chart

Komandan Komando Latihan (Dankolat) Koarmada III Kolonel Laut (P) Ahmad Muharram membuka pelatihan pemantapan pengetahuan Hidros tentang Electronic Navigational Chart (ENC) dan Electronic Chart Display and Information System (ECDIS) bagi pengawak KRI TA 2023 Mako Armada III, Katapop, Sorong, Papua Barat Daya. Selasa (19/09/23).

Pemantapan pengetahuan hidros tentang ENC dan ECDIS bagi para prajurit TNI AL yang berdinas di KRI merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan profesionalisme personel dalam menggunakan ENC dan ECDIS guna mendukung tugas pokok TNI AL. 

Peserta kegiatan ini diikuti oleh 38 orang personel Perwira, Bintara dan Tamtama pengawak KRI yang sedang sandar di dermaga Katapop dan Lantamal XIV Sorong. Para peserta akan dibekali pengetahuan baik secara teori maupun dengan praktek sebagai aplikasi atas apa yang telah diberikan secara teori.

Pushidrosal sebagai lembaga hidrografi nasional memiliki tugas pokok dan fungsi untuk menyediakan data dan informasi berupa peta-peta laut dan berbagai publikasi nautika guna mendukung kepentingan keselamatan pelayaran umum dan kepentingan militer/pertahanan.

Bernavigasi menggunakan ENC beserta ECDIS harus disertai dengan tingkat kewaspadaan yang tinggi serta harus mengontrol ulang penggunaan fungsi-fungsi navigasinya. Pengetahuan dan cara penggunaan ENC beserta ECDIS bagi personel pengawak KRI harus semakin ditingkatkan seiring dengan perkembangan teknologi.

Sementara itu, Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mengucapkan terimakasih atas atensi yang diberikan pimpinan dengan memberikan pemantapan pengetahuan mengenai Electronic Navigational Chart (ENC) dan Electronic Chart Display and Information System (ECDIS) bagi pengawak KRI Koarmada III.

Melalui pemantapan ENC dan ECDIS oleh Pushidrosal ini diharapkan KRI-KRI Koarmada III dapat bernavigasi dengan aman, imbuh Panglima.

Podcast
 
"Berbuat Baiklah"      
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 18 Maret 2024
TNI Pastikan Tak Terkait Klaim Rusia: Tentara Bayaran Bukan Tugas TNI
Rabu, 28 Februari 2024
Jokowi Hadiri Rapim TNI-Polri 2024
Rabu, 21 Februari 2024
TNI AL Kerahkan Kapal Korvet dan Helikopter Panther Ikuti Latihan dengan 47 Negara di India
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon




Tiktok