c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Bangkitkan Semangat Maritim, TNI AL Gelar Kasal Cup Water Sport 2023

Minggu, 24 September 2023 08:45:53 - Oleh : admin - Dibaca : 66 kali

Bangkitkan Semangat Maritim, TNI AL Gelar Kasal Cup Water Sport 2023

"Membangkitkan semangat maritim adalah tugas kita bersama, TNI AL sebagai aparat negara yang bertugas utamanya di lautan, ingin membangun kekuatan maritim dan bersama masyarakat dapat memanfaatkan lautan di depan kita yang sangat penuh dengan potensi".

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono yang hadir mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, saat membuka Kasal Cup Water Sport 2023, di Megamas, Manado, Jumat (22/09).

Lebih lanjut disampaikan oleh Wakasal, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-78 TNI AL serta menyambut ulang tahun TNI yang akan jatuh pada 5 Oktober mendatang. "Selain itu gelaran ini juga dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-59 Provinsi Sulawesi Utara", tandas Wakasal.

Sebanyak lebih dari 150 perahu bertanding dalam perlombaan layar ini dimana peserta terdiri dari Porlasi Sulut, para nelayan masyarakat Sulawesi Utara dan eksibishi dari kapal-kapal yacht. Dalam lomba ini para pelaut dituntut kemahiran dalam bernavigasi dan mengolah layar dalam keterampilan mendapatkan angin untuk melajukan kapalnya dengan cepat.

Selain menggelar lomba perahu layar, sejumlah olahraga perairan dan perlombaan lainnya juga dilombakan dalam kesempatan ini yaitu, finswimming di Teluk Manado, Stand Up Paddle, Tarik Tambang Perahu, Balap Perahu Karet, Fun Fishing, Jet Ski, Triathlon, Drumband, hingga Festival Band dan lomba memasak, hingga lomba yang sangat diminati anak muda saat ini yaitu E-Sport.

Senada dengan itu Gubernur Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey menyampaikan kerjasama pemerintah provinsi dengan TNI AL selama ini sangat baik, dan dirinya sangat mengapresiasi gelaran Kasal Cup yang diselenggarakan ini.

"Kasal Cup Water Sport Competition ini menjadi ajang yang sangat tepat untuk menunjukkan potensi keindahan alam dan pesona budaya yang dimiliki oleh Provinsi Sulawesi Utara", ungkap Gubernur Sulawesi Utara.

Dalam pembukaan Kasal Cup dimeriahkan dengan berbagai demonstrasi dan pertunjukan diantaranya Kolone Senapan dari para prajurit TNI AL yang merupakan gerakan baris berbaris dikombinasikan dengan gerakan senjata untuk mendemonstrasikan keterampilan dalam olah gerak yang menunjukkan kombinasi kekompakan, dan keindahan antara baris berbaris dan memainkan senjata.

Selain itu masyarakat Manado juga disuguhkan Demonstrasi Flying Acrobatic serta atraksi Terjun Payung dari para prajurit TNI AL. Tidak ketinggalan penampilan Drumband Genderang Suling Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL). 

Podcast
 
"Berbuat Baiklah"      
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 18 Maret 2024
TNI Pastikan Tak Terkait Klaim Rusia: Tentara Bayaran Bukan Tugas TNI
Rabu, 28 Februari 2024
Jokowi Hadiri Rapim TNI-Polri 2024
Rabu, 21 Februari 2024
TNI AL Kerahkan Kapal Korvet dan Helikopter Panther Ikuti Latihan dengan 47 Negara di India
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon




Tiktok