c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Natuna Secara Geografis Sentral ASEAN

Selasa, 26 September 2023 13:50:25 - Oleh : admin - Dibaca : 48 kali

Natuna Secara Geografis Sentral ASEAN

(Puspen TNI).   Melalui latihan bersama  Asean Solidarity Exercise (Asex) 01-Natuna, masing-masing negara telah belajar satu sama lain, memahami budaya dan tradisi militer masing-masing, dan yang lebih penting lagi, telah dapat membangun kepercayaan, solidaritas dan kebersamaan yang merupakan kunci keberhasilan asean dalam menjaga perdamaian, stabilitas, dan keamanan di kawasan ini.

Demikian disampaikan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., saat menutup secara resmi latihan gabungan terpadu   Asean Solidarity Exercise 01-Natuna Tahun 2023, yang bertempat  di Sabang Mawang Natuna, Sabtu  (23/9/2023).

Latihan ASEX-01 yang dilakukan di Natuna merupakan salah satu langkah strategis yang diinisiasi oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dengan salah satu pertimbangannya adalah letak Natuna yang secara geografis berada pada proximity ditengah (sentral) diantara negara-negara ASEAN lainnya. 

Lebih lanjut disampaikan Panglima TNI bahwa Asex 01-Natuna merupakan simbol solidaritas, kerjasama, dan persahabatan yang erat di antar negara Asean dan  dilaksanakan sesuai dengan keinginan politik pemimpin  dan pandangan Asean tentang Indo-pasifik. Latihan bersama ini difokuskan pada materi non tempur seperti keamanan maritim, tanggap bencana, dan operasi penyelamatan. 

"Mari terus bekerja sama dan berkomitmen untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Asean.  Melalui latihan ini  telah memberikan peluang untuk mengasah kemampuan,  menguji kekuatan, dan mengidentifikasi kelemahan masing-masing militer negara sahabat. Kita dapat bersama-sama bekerja untuk memperbaiki dan memperkuatnya kembali,  serta meningkatkan kesiapsiagaan kita dalam menghadapi tantangan-tantangan yang mungkin muncul di masa depan", kata Laksamana TNI Yudo. 

Dalam kesempatan tersebut juga, Laksamana TNI Yudo Margono  berharap  bahwa semangat kerjasama yang telah dibangun selama latihan ini akan terus menguat.  "Mari kita jaga komunikasi yang terbuka dan berkelanjutan di antara kita, sehingga kita dapat terus belajar satu sama lain  dalam mengatasi setiap permasalahan. Saya berharap kita akan bertemu lagi dalam latihan serupa di masa depan, dan mari kita lanjutkan perjuangan kita untuk Asean yang lebih kuat dan lebih bersatu. saya meyakini bahwa dengan kebersamaan kita akan semakin maju", tutup Panglima TNI.

Sebelum menutup kegiatan Asean Solidarity Exercise 01-Natuna 2023, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., terlebih dahulu melakukan kunjungan ke Kapal Perang Indonesia KRI Radjiman Widyodiningrat (RJW) yang telah bersandar di Dermaga Sabang Mawang beberapa hari yang lalu. Kunjungan tersebut untuk melihat langsung kegiatan  Pengobatan Massal. Diperkirakan sekitar kurang lebih 300 masyarakat ikut melakukan pengobatan gratis diatas Kapal Perang. Sesudah meninjau pengobatan gratis, Panglima menyaksikan aksi drop box (pelepasan kargo  dari atas pesawat udara ke laut). Kemudian selanjutnya Panglima TNI meninjau pembuatan Rumah Layak Huni (RLH) yang sudah jadi seratus persen. Kemudian dilanjutkan dengan menutup secara resmi Asex 01 -Natuna. Sekaligus  penyerahan  kunci rumah warga yang telah direhab, pembagian sembako dan penyerahan kursi roda kepada warga masyarakat setempat. 

 

 

Podcast
 
Takdir milik Allah,Doa dan ikhtiar milik Kita.Allah bisa merubah takdir dengan Doa dan Ikhtiar Kita, tapi jika hasilnya tidak sesuai dengan keinginan kita, sisakan ruang ikhlas karena Allah lebih tahu yang Terbaik untuk kita.Tetap Sehat dan penuh Semangat Prajuritku,Libatkan Allah SWT, Tuhan YME dalam setiap langkah pengabdianmu. JAS91 TNI PRIMA #tniprima #tni #agussubiyanto
Quotes Panglima TNI
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 18 Maret 2024
TNI Pastikan Tak Terkait Klaim Rusia: Tentara Bayaran Bukan Tugas TNI
Rabu, 28 Februari 2024
Jokowi Hadiri Rapim TNI-Polri 2024
Rabu, 21 Februari 2024
TNI AL Kerahkan Kapal Korvet dan Helikopter Panther Ikuti Latihan dengan 47 Negara di India
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon




Tiktok