c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Danlantamal IX Bersama BMKG Provinsi Maluku Jajaki Pemasangan Tsunami Gauge di Teluk Ambon

Sabtu, 30 September 2023 09:04:27 - Oleh : admin - Dibaca : 9 kali

Danlantamal IX Bersama BMKG Provinsi Maluku Jajaki Pemasangan Tsunami Gauge di Teluk Ambon

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., M.Tr. Opsla menerima langsung kunjungan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Provinsi Maluku di lobby Mako Lantamal IX, Baguala, Kota Ambon, Jumat (29/09/2023)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mempunyai tugas mengamati, mengolah, menganalisa, menyebarluaskan informasi Meteorologi (cuaca), Klimatologi (iklim), dan Geofisika (Gempa Bumi dan Tsunami).

Pada kunjungannya dalam rangka silaturahmi,  Kepala Badan Meteorologi, Klimatogi dan Geofisika (BMKG) Provinsi berkoordinasi dengan Lantamal IX Ambon untuk menjajaki kerja sama terkait program BMKG yaitu penyebaran dan pemasangan alat-alat utama BMKG, diantaranya adalah pemasangan tsunami gauge yang merupakan salah satu alat deteksi dini bahaya tsunami. Hal tersebut dilaksanakan mengingat Wilayah Maluku termasuk wilayah yang rawan terjadinya gempa yang memiliki kecenderungan terjadi tsunami.

Pada kesempatan yang sama, Brigjen Said Latuconsina menyampaikan bahwa Lantamal IX dan jajarannya siap memberikan dukungan kepada BMKG Provinsi Maluku terkait pemasangan tsunami gauge yang rencana akan di pasang di Teluk  Ambon termasuk di beberapa Kabupaten di Provinsi Maluku. "Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat luas, sehingga bisa memberikan informasi dini jika ada potensi tsunami guna meminimalisir bahkan menghindari jatuhnya korban yang diakibatkan oleh tsunami," ujar jenderal bintang satu ini.

Dengan adanya kolaborasi ini Brigjen Said Latuconsina berharap kerja sama dengan BMKG terus dibina sehingga dapat membawa Maluku samakin maju.

 

 

Podcast
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 18 Maret 2024
TNI Pastikan Tak Terkait Klaim Rusia: Tentara Bayaran Bukan Tugas TNI
Rabu, 28 Februari 2024
Jokowi Hadiri Rapim TNI-Polri 2024
Rabu, 21 Februari 2024
TNI AL Kerahkan Kapal Korvet dan Helikopter Panther Ikuti Latihan dengan 47 Negara di India
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon




Tiktok