c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Komitmen TNI AL Dukung Peningkatan Kerjasama Di Perbatasan

Sabtu, 14 Oktober 2023 08:21:52 - Oleh : admin - Dibaca : 285 kali

Komitmen TNI AL Dukung Peningkatan Kerjasama Di Perbatasan

Kehadiran Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali pada Sidang ke-43 General Border Committee Malaysia-Indonesia (GBC Malindo) di Jakarta, menunjukkan komitmen yang kuat dari jajaran TNI AL terkait dengan peningkatan kerja sama kedua negara dalam menghadapi tantangan dan dinamika di wilayah perbatasan, Kamis (12/10). 

Dalam berbagai kesempatan, Laksamana TNI Muhammad Ali telah menegaskan bahwa peningkatan kerja sama bidang pertahanan laut dengan negara sahabat menjadi salah satu prioritas dari TNI AL. "Kerja sama antar kedua negara ini dibutuhkan untuk menghadapi transnational organized crime yang terjadi di daerah peratasan kedua negara", ungkap Laksamana TNI Muhammad Ali beberapa waktu yang lalu.

Seperti diketahui, TNI AL saat ini tengah meningkatkan peran diplomasi dengan negara sahabat guna meningkatkan kerja sama di berbagai aspek dengan negara sahabat termasuk Malaysia yang juga merupakan salah satu negara yang memiliki perbatasan laut langsung dengan Indonesia. 

Implementasi kerja sama ini satu diantaranya yaitu gelaran Patroli Terkoordinasi Malaysia-Indonesia (Patkor Malindo) yang telah terbukti menciptakan hubungan antar negara bertetangga semakin harmonis, serta dinilai mampu mendemonstrasikan interoperabilitas yang professional, dalam menjaga dan menjamin stabilitas keamanan perairan perbatasan, utamanya di Selat Malaka. 

Pada Sidang ke-43 General Border Committee Malaysia-Indonesia (GBC Malindo) di Jakarta yang dipimpin Menhan RI Prabowo Subianto dan Menhan Malaysia Dato' Seri Utama Haji Mohamad Bin Haji Hasan, kedua negara membahas sejumlah agenda penting.

"Keberhasilan mobilisasi patroli bersama antara instansi kedua negara melalui mekanisme coordinated patrol / patroli terkoordinasi antara kedua negara, hal ini bertujuan untuk memerangi berbagai kejahatan lintas batas yang mengancam keamanan dan stabilitas di wilayah perbatasan", tegas Menhan RI dalam kesempatan tersebut. 

Podcast
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 21 Februari 2024
TNI AL Kerahkan Kapal Korvet dan Helikopter Panther Ikuti Latihan dengan 47 Negara di India
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa
Jum`at, 25 November 2022
Panglima TNI Tinjau Lokasi Gempa Cianjur Kirim Bantuan dan Bawa 8 Ribu Paket Makanan




Tiktok