c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Pacific Air Chiefs Symposium '23, Pangkoopsudnas Diskusi Air Domain Awareness Dengan Chief of Staff Negara ASEAN

Kamis, 16 November 2023 20:07:06 - Oleh : admin - Dibaca : 1 kali

Pacific Air Chiefs Symposium '23, Pangkoopsudnas Diskusi Air Domain Awareness Dengan Chief of Staff Negara ASEAN

Memasuki hari ke-3 Pacific Air Chiefs Symposium 2023 (PACS 2023), para peserta melakukan sesi diskusi lanjutan. Diskusi membahas isu kewaspadaan terhadap aktifitas ilegal maritim ( Illicit Maritime Activity ), dan aktifitas ilegal drone ( Illicit Drone Activity ) di wilayah teritorial atau di ZEE.

Diskusi dipimpin oleh Mr. Pete Gumataotao, dari the National Defense University dan Asia Pacific Center for Strategic Studies.

Selanjutnya, pada sesi multilateral Air Domain Awareness (ADA), Panglima Koops Udara Nasional (Pangkopsudnas) Marsdya TNI M.Tonny Hajono, S.E., M.M., berdiskusi bersama para Chief of Staff negara-negara ASEAN. Pangkoopsudnas dan para petinggi AU Brunei Darusalam, Filipina, Malaysia, dan Vietnam, berdiskusi yang dipandu Arvice Marshal Carl Newman, Deputy Comander US PACAF, tentang program integrasi sistem data dan informasi yang dapat mendukung ADA.

Setelah diskusi para peserta juga menyaksikan demonstrasi Air-Common Operating Picture serta melaksanakan kunjungan ke 613th Air Operation Center. Ditempat tersebut, peserta mempelajari secara langsung infrastruktur dan alur kerja AOC.

Pada sesi lain, Pangkoopsudnas juga ikut menghadiri paparan dari profesor Justin Bronk dari Royal United Services Institute (Inggris), tentang aspek kekuatan udara dalam perang Rusia - Ukraina.

Podcast
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 28 Februari 2024
Jokowi Hadiri Rapim TNI-Polri 2024
Rabu, 21 Februari 2024
TNI AL Kerahkan Kapal Korvet dan Helikopter Panther Ikuti Latihan dengan 47 Negara di India
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa




Tiktok