c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Satgas Sail Teluk Cenderawasih-23 Koarmada III Bersiap Tolak Ke Biak

Jum`at, 17 November 2023 10:46:57 - Oleh : admin - Dibaca : 267 kali

Satgas Sail Teluk Cenderawasih-23 Koarmada III Bersiap Tolak Ke Biak

Satuan Tugas Sail Teluk Cenderawasih Koarmada III Tahun 2023 bersiap tolak ke Biak Provinsi Papua yang dilepas secara langsung oleh Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto yang mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi didermaga Lantamal XIV Sorong Jl. Bubara No. 1 Kaligi Distrik Sorong, Kota Sorong Kamis, (16/11/23)

Dalam Apel Gelar Kelengkapan yang dipimpin oleh Kepala Staf Koarmada III dengan pengambil Apel Komandan Satgas Sail Teluk Cenderawasih-23 Kolonel Laut (P) Hartanto yang juga menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Amfibi (Dansatfib) Koarmada III tersebut diawali dengan pemeriksaan pasukan, amanat penerima apel dan diakhiri dengan inspection Alutsista dan peralatan yang dibawa.

Pada kesempatan tersebut Kepala Staf Koarmada III membacakan amanat Pangkoarmada III yang mengatakan bahwa "kegiatan Sail Teluk Cendrawasih Tahun 2023 ini merupakan bagian dari rangkaian agenda pelayaran Internasional Sail Indonesia Ke-13 guna memantapkan kedaulatan Indonesia di Wilayah Pasifik Barat.

Sail Teluk Cendrawasih-23, atau STC-23, juga bertujuan untuk mengenalkan potensi kemaritiman Papua, khususnya di wilayah pesisir yang melingkupi teluk cenderawasih, kepada Dunia Internasional untuk dikembangkan lebih lanjut dalam rangka mewujudkan ketahanan Nasional. 

Lebih lanjut Pangkoarmada III mengatakan, TNI AL dalam hal ini Koarmada III, turut serta terlibat secara aktif di dalamnya untuk mewujudkan pelaksanaan pemberdayaan wilayah pertahanan laut dengan memimpin seluruh kegiatan puncak Sail Teluk Cendrawasih - 23, yang meliputi Parade Kedaulatan Maritim, Para Motor, Sailing Pass Unsur-unsur KRI, Kapal Nelayan, Perahu Adat Saureri, Demo Free Fall, serta Flying Pass Unsur Pesawat Udara TNI AU. keterlibatan aktif Koarmada III ini ditunjukkan dengan membentuk Gugus Tugas Demo Sail Teluk Cendrawasih-23  (STC-23) yang membawahi satuan tugas Sailing Pass STC - 23," ujarnya.

Secara terpisah Komandan Satuan Kapal Amfibi Kolonel Laut (P) Hartanto (Dansatfib Koarmada III) menjelaskan Apel pemberangkatan Satgas Sailing Pass STC-23 ini dimaksudkan untuk memeriksa kesiapan Satgas, baik dalam jumlah personel, kesiapan alutsista yang terlibat hingga kesiapan dukungan logistik satgas serta pemahaman tugas dan tanggung jawab masing-masing unsur tugas yang berada di bawah Satgas guna mensukseskan kegiatan puncak Sail Teluk Cenderawasih-23 (STC-23) pada tanggal 23 November 2023 di Biak Provinsi Papua.

Hadir dalam giat tersebut Ir Koarmada III, Kapoksahli Koarmada III, Wadan Lantamal XIV Sorong para Pejabat Utama Koarmada III, Para Dansat Koarmada III, Kasatker Koarmada III, para pejabat utama dilingkungan Lantamal XIV dan Pasmar 3 Sorong serta para Perwira Satgas STC-23 Koarmada III. 

Podcast
 
Persahabatan yang didasari oleh keikhlasan dan kasih sayang, akan melahirkan keabadian dalam kebersamaan. Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto
Quote Panglima TNI
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 21 Februari 2024
TNI AL Kerahkan Kapal Korvet dan Helikopter Panther Ikuti Latihan dengan 47 Negara di India
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa
Jum`at, 25 November 2022
Panglima TNI Tinjau Lokasi Gempa Cianjur Kirim Bantuan dan Bawa 8 Ribu Paket Makanan




Tiktok