c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Darma Bhakti Super Tucano: Medan Dan Cuaca Sulit, Evakuasi Diprioritaskan Pada Kanon, Mesin, Kursi Lontar, Dan Propeller Pesawat

Rabu, 22 November 2023 17:03:10 - Oleh : admin - Dibaca : 96 kali

Darma Bhakti Super Tucano: Medan Dan Cuaca Sulit, Evakuasi Diprioritaskan Pada Kanon, Mesin, Kursi Lontar, Dan Propeller Pesawat

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI R. Agung Sasongkojati M.A.Sc., M.S.S., menegaskan proses evakuasi puing-puing di lokasi jatuhnya pesawat akan terus dilakukan, Malang. (20/11/2023).

Menurut Kadispenau, TNI AU saat ini sudah berhasil mengangkut beberapa bagian dari pesawat, namun belum seluruh bagian, karena terkendala masalah cuaca di lokasi yang terjal dan berbukit-bukit sehingga sangat mengganggu proses evakuasi.

Sementara itu Voice and Data Recorder (DAVR) serta Net Centric Data Cartridge (NCDC) telah berhasil diamankan sebelumnya. DAVR merupakan sistem yang menyimpan video, suara dan data performance, serta mesin pesawat yang akan dikirim ke pihak produsen di luar negeri untuk dilakukan pinjam alat pembaca data. Sedangkan CNDC adalah sistem yang menyimpan suara, video, dan tampilan navigasi penerbangan yang juga sedang dilakukan pendalaman terhadap datanya.

Karena cuaca dan medan sangat ekstrim, maka Tim Evakuasi memprioritaskan beberapa bagian pesawat yang harus segera dievakuasi dari lokasi jatuhnya pesawat yakni kanon pesawat, engine, throttle, kursi lontar, serta propeller.

Kadispenau menjelaskan bahwa Pesawat akan dipotong-potong beberapa bagian agar mudah diangkut melalui jalan darat, karena jalan udara dengan helikopter tidak menjadi opsi yang mungkin karena selain faktor cuaca juga lokasi yang ekstrim, namun diharapkan dalam waktu seminggu ke depan telah dapat diangkut seluruhnya, dan digelar di bagian tehnik untuk keperluan penyelidikan.

 

 

Podcast
 
Persahabatan yang didasari oleh keikhlasan dan kasih sayang, akan melahirkan keabadian dalam kebersamaan. Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto
Quote Panglima TNI
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 21 Februari 2024
TNI AL Kerahkan Kapal Korvet dan Helikopter Panther Ikuti Latihan dengan 47 Negara di India
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa
Jum`at, 25 November 2022
Panglima TNI Tinjau Lokasi Gempa Cianjur Kirim Bantuan dan Bawa 8 Ribu Paket Makanan




Tiktok