c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Perkuat Kerjasama Militer, TNI AL - USMC Gelar Latihan Bilateral Keris Marine Exercise Di Sukabumi

Rabu, 29 November 2023 08:48:37 - Oleh : admin - Dibaca : 3 kali

Perkuat Kerjasama Militer, TNI AL - USMC Gelar Latihan Bilateral Keris Marine Exercise Di Sukabumi

Dalam rangka meningkatkan pengembangan kapasitas dan interoperabilitas gabungan, Korps Marinir TNI Angkatan Laut (TNI AL) bersama Pasukan Marinir Amerika Serikat (AS) atau United States Marine Corps (USMC) menggelar Latihan Bilateral Keris Marine Exercise (Keris MAREX) yang berlangsung pada tanggal 23 November sampai dengan 11 Desember di Antarlina, Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Jakarta, 28 November 2023.

Keris Marine Exercise adalah sebuah latihan bilateral antara Pasukan Marinir AS dan Korps Marinir TNI AL yang bertujuan untuk mempromosikan interoperabilitias militer dan kesadaran bidang maritim, memperkuat kerjasama, serta mengembangkan kemampuan militer dari unit-unit yang berpartisipasi. Kegiatan ini merupakan latihan perdana I Marine Expeditionary Force (I MEF) di Indonesia di tahun 2023.

"Keris Marine Exercise 2023 merupakan kesempatan penting bagi Marine Rotational Force - Southeast Asia dimana kami mengikuti latihan perang hutan di Indonesia. Lebih dari sekedar latihan, ini adalah kesempatan untuk memperkuat hubungan kami dengan Marinir Indonesia dan memperkuat kemampuan bersama kami", ujar Komandan MRF-SEA Kolonel Siverts. 

Sebanyak 150 anggota pasukan Marinir AS dan 150 anggota Korps Marinir TNI AL akan mengikuti Keris MAREX tahun ini untuk bersama-sama meningkatkan pertahanan pesisir, latihan menembak, artileri roket, dan kemampuan sistem pertahanan udara gabungan tanpa awak. Para peserta juga akan berinteraksi dengan masyarakat, serta melakukan pertukaran pengetahuan untuk memperkuat komitmen bersama untuk keamanan dan kerjasama regional.

Sementara itu, Komandan Batalyon Infanteri 4 Marinir (Danyonif 4 Mar) Letkol Mar Arief Bastian Sanusi Chaniago selaku Dansatgas Latma Keris Marex mengucapkan selamat datang di Indonesia kepada seluruh peserta latihan dari US Marforpac sekaligus mengharapkan kepada seluruh personel latihan agar saling mengenal satu sama lain dan bekerja sama dengan baik selama melaksanakan latihan.

"Selain itu latihan ini juga dilaksanakan sebagai bentuk kerjasama militer untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan Amerika, khususnya Korps Marinir TNI Angkatan Laut dan USMC. Diharapkan dengan latihan ini para peserta supaya saling membagi informasi update taktik-taktik tempur terkini dihadapkan dengan perang modern sebagai faktor pendorong terciptanya hubungan yang harmonis antar Marine Brotherhood", jelas Dansatgas Latma Keris Marex Tahun 2023.

Dansatgas juga menghimbau kepada seluruh peserta latihan untuk tetap mengutamakan keselamatan personel dan material, karena itu merupakan sesuatu yang paling utama.

Latihan ini rencananya akan diakhiri dengan latihan infanteri tingkat peleton untuk menunjukan kemampuan tempur gabungan serta persahabatan antara Korps Marinir TNI AL dan Pasukan Marinir AS.

Latihan Bilateral Keris Marine Exercise merupakan salah satu implementasi dari program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali yaitu meningkatkan kualitas SDM TNI AL yang profesional, tangguh, dan modern serta dalam berbagai kesempatan Kasal juga menyampaikan untuk terus menjaga hubungan diplomasi yang baik antar negara-negara sahabat dan menjaga nama baik TNI AL di dunia internasional. 

 

 

 

Podcast
 
"Berbuat Baiklah"      
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 28 Februari 2024
Jokowi Hadiri Rapim TNI-Polri 2024
Rabu, 21 Februari 2024
TNI AL Kerahkan Kapal Korvet dan Helikopter Panther Ikuti Latihan dengan 47 Negara di India
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa




Tiktok