c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Prajurit Lanud Supadio Latihan Nubika Dan Jihandak

Minggu, 10 Desember 2023 09:42:21 - Oleh : admin - Dibaca : 0 kali

Prajurit Lanud Supadio Latihan Nubika Dan Jihandak

Puluhan prajurit dijajaran Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio yang tergabung dalam Pasukan Kompi Cadangan Satuan Pertahanan Pangkalan (Sathanlan) melaksanakan Latihan Pengenalan Nubika (Nuklir, Biologi dan Kimia) dan Bahan Peledak di Batalyon Zeni Tempur 6/Satya Digdaya Kodam XII/Tpr, Kec. Anjongan, Kab. Mempawah, Kalbar pada Jumat, 8 Desember 2023.

Komandan Sathanlan (Dansathanlan) Lanud Supadio Letkol Pom Miftah Farid mengatakan memasuki Triwulan IV Sathanlan kembali melaksanakan latihan bagi prajurit Kompi Cadangan Sathanlan dan kali ini latihan berfokus kepada pengenalan Nubika dan bahan peledak sekaligus praktek lapangan terhadap kedua materi tersebut.

"Latihan Pengenaan Nubika dan Jihandak dilaksanakan di Yon Zipur 6/Satya Digdaya karena satuan ini mempunyai kualifikasi khusus dalam bidang Nubika dan Jihandak," kata Dansathanlan

Iapun berharap kepada setiap anggota peserta latihan agar mengikuti latihan ini dengan serius dan fokus karena latihan ini sangat penting dalam mendukung tugas-tugas yang diemban Lanud Supadio khususnya Sathanlan.

"Latihan yang dilaksanakan saat ini sangat berguna dalam mendukung tugas yang diberikan oleh Komando Atas. Untuk itu setiap peserta latihan agar mengikuti dengan sungguh-sungguh dan dalam praktek lapangan khususnya latihan Jihandak agar mengikuti arahan dari para pelatih dari Yon Zipur 6/SD sehingga latihan ini dapat berjalan dengan lancar dan aman," jelas Dansathanlan.

Ditempat yang sama Komandan Batalyon Zeni Tempur 6/Satya Digdaya Kodam XII/Tpr Mayor Czi Sunandar Parius Sudarmono, S.E. menjelaskan bahwa Batalyon Zeni Tempur 6/Satya Digdaya atau Yon Zipur 6/SD merupakan Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) yang berkedudukan langsung di bawah Pangdam XII/Tanjungpura.

"Satuan ini sebelumnya bernama Detasemen Zeni Tempur 6/Satya Digdaya yang dibentuk pada tanggal 03 Februari 1970 dan berkembang menjadi Batalyon Zeni Tempur-6/SD pada tanggal 13 Januari 2015," kata Pamen Alumni Akmil Tahun 2005.

Semoga dengan adanya latihan ini, lanjut Danyon, dapat menambah wawasan dan ilmu tentang Nubika dan Jihandak sehingga dapat mendukung tugas-tugas operasi di Lanud Supadio. 

Podcast
 
"Berbuat Baiklah"      
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 28 Februari 2024
Jokowi Hadiri Rapim TNI-Polri 2024
Rabu, 21 Februari 2024
TNI AL Kerahkan Kapal Korvet dan Helikopter Panther Ikuti Latihan dengan 47 Negara di India
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa




Tiktok