3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

WASPADAI KEBOCORAN INFORMASI RAHASIA

Senin, 27 Desember 2010 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 864 kali

          Sebagai institusi militer, TNI memiliki sejumlah informasi dan dokumen kegiatan yang memiliki kualifikasi rahasia. Seluruh prajurit TNI berkewajiban melindungi, menjaga dan mengamankan  informasi dan dokumentasi yang berkualifikasi rahasia dari kebocoran dan jatuh ketangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Karena selama ini masih ada pihak-pihak tertentu yang terus berupaya mencuri dokumentasi  dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi (hand phone dan internet) untuk kepentingan kelompoknya, termasuk menjatuhkan nama baik dan kredibilitas TNI.

Guna tertib penyampaian informasi dan mencegah terjadinya kebocoran informasi rahasia ke pihak lain yang tidak berkepentingan, disampaikan kepada seluruh jajaran TNI untuk memedomani Surat Telegram Panglima TNI Nomor : STR/361/2010 tanggal 3-12-2010 tentang pengamanan berita rahasia dan mencegah terjadinya kebocoran informasi rahasia ke pihak yang tidak berkepentingan. Ditekankan kepada seluruh prajurit TNI agar :

1.       Tidak menyimpan dokumen/informasi yang berklasifikasi rahasia berupa data dalam bentuk gambar, audio, video, foto, teks atau film di komputer/laptop yang terkoneksi dengan jaringan publik, internet atau provider GSM.

2.       Tidak menampilkan, mencantumkan informasi/dokumen berklasifikasi rahasia tentang strategi, intelijen, operasi, taktik dan teknik yang berkaitan dengan Sishankamneg meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengakhiran atau evaluasi dalam kaitan dengan ancaman dari dalam dan luar negeri ke dalam situs publik/internet.

3.       Tidak merekam semua kegiatan yang bersifat rahasia dengan menggunakan handphone.

4.       Kepada unsur pimpinan agar menekankan kepada personel di jajarannya untuk tidak mempublikasikan kegiatan/aktivitas pribadi yang bersifat dinas yang berkaitan dengan pasal 17 UU RI No 14 Tahun 2008.

5.       Selalu memperhatikan pengamanan terhadap perlakuan dokumen rahasia sesuai dengan Jukminu kedinasan.

6.       Mengoptimalkan penggunaan sarana komunikasi persandian yang sudah digelar di jajaran TNI (Mabes TNI dan Angkatan).

          Demikian Lembar Penpas ini disampaikan untuk dipahami dan dipedomani oleh seluruh prajurit TNI dan PNS TNI.

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Sabtu, 17 Agustus 2019
SIARAN TNI DI RRI PROGRAM 4 TANGGAL 17 AGUSTUS 2019
Jum`at, 16 Agustus 2019
TNI POLRI PILAR NKRI
Kamis, 8 Agustus 2019
Baleho HUT ke-74 RI
Kamis, 18 Juli 2019
LOGO, DAN BANNER HUT TNI KE-74
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan
Rabu, 15 Mei 2019
Panglima TNI dan Kapolri Melakukan Kunjungan Kerja Safari Ramadhan di Wilayah Kodam III/Siliwangi