3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

TNI Berhasil Uji Coba Rudal Yakhont

Kamis, 21 April 2011 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 1114 kali

TNI Berhasil Uji Coba Rudal Yakhont

PUSPEN TNI (21/4),-  TNI AL berhasil melaksanakan uji coba beberapa peluru kendali (Rudal) jarak pendek dan jarak jauh. Uji coba penembakan beberapa Rudal tersebut selain untuk mengetahui kehandalan, akurasi perkenaan sasaran dan daya hancur yang ditimbulkan juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan unsur-unsur TNI AL dalam melaksanakan operasi tempur laut. Untuk itu, bersamaan dengan pelaksanaan uji coba penembakan Rudal tersebut, dilaksanakan pula serangkaian latihan tempur laut yang melibatkan beberapa kapal perang dan pesawat udara berbagai jenis.  

Uji coba penembakan diawali dengan peluncuran Rudal Yakhont dari KRI Oswald Siahaan - 345 (OWA) jenis perusak Kawal Rudal / PKR kelas Fregat Vanspijk di Samudera Hindia atau Sebelah Barat Selat Sunda dengan sasaran eks KRI Teluk Bayur – 502 (Landing Ship Tank) pada jarak kurang lebih 135 Mil laut atau sekitar 250 Km. Tepat pukul 10.30 WIB, KRI OWA – 354 berhasil menembakan Rudal Yakhont yang tepat mengenai sasaran hingga tenggelam. Rabu (20/4).

Selain Rudal Yakhont, beberapa Rudal yang berhasil ditembakkan dan mengenai sasaran adalah Rudal Exocet MM 40 dan Rudal Penangkis Serangan Udara (PSU) Mistral diluncurkan dari KRI Sultan Hasanuddin – 366 (jenis PKR kelas Korvet Sigma atau Sigma Class), Rudal Sea Cat dilepaskan dari KRI Karel Satsuitubun – 356 (PKR kelas Fregat Vanspijk), Kapal Selam KRI Cakra 401 menembakan Torpedo Sut, sedangkan KRI Cut Nyak Dien – 375 (perusak kawal kelas Korvet Parchim) menembakkan Roket anti Kapal Selam RBU – 6000.

Dalam acara jumpa pers, Kapuspen TNI Laksamana Muda TNI Iskandar Sitompul, S.E. didampingi Danguspurlatim Laksamana Pertama TNI Sulaeman, BN dan Kadispenal Laksamana Pertama TNI Tri Prasodjo, menyatakan bahwa peralatan militer yang akan dibeli, semuanya harus berorientasi pada TOT (Transfer of Technology) sesuai kebijakan pemerintah, Menteri Pertahanan dan Panglima TNI. Seperti KRI Banjarmasin – 592 dan KRI Banda Aceh – 593 serta Torpedo Sut yang merupakan karya terbaik putra-putra Bangsa, sebagaimana telah berhasil di uji coba.

Uji coba penembakan beberapa jenis Rudal tersebut, disaksikan oleh para petinggi TNI dan undangan termasuk wartawan media cetak dan elektronik di atas KRI Surabaya – 591
Smiley face
 
Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan
Selasa, 18 Februari 2020
Panglima TNI–Kapolri kunjungan ke Timika akan tinjau Mako Gabwilhan
Kamis, 13 Februari 2020
Tinjau Kesiapan Pemprov Cegah Karhutla, Kapolri dan Panglima TNI Besok Kunjungi Riau