3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

PADA UPACARA BENDERA TANGGAL, 18 MEI 2011

Rabu, 18 Mei 2011 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 1174 kali

PARA PERWIRA, BINTARA DAN TAMTAMA, SERTA SEGENAP PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN,

PERTAMA-TAMA MARILAH KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA KARENA HANYA ATAS LIMPAHAN RAHMAT DAN HIDAYAH-NYA, PADA HARI INI KITA DAPAT MELAKSANAKAN UPACARA BENDERA TUJUH BELASAN DI BULAN MEI 2011 DALAM KEADAAN SEHAT WAL’AFIAT.  

PESERTA UPACARA SEKALIAN YANG SAYA BANGGAKAN,

PADA BULAN MEI, ADA DUA MOMENTUM PENTING YANG MEWARNAI PERJALANAN SEJARAH BANGSA INDONESIA YAITU HARI PENDIDIKAN NASIONAL DAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL. DI TENGAH-TENGAH SITUASI SEMAKIN LEMAHNYA TALI PEREKAT RASA KEBANGSAAN MAUPUN SEMANGAT NASIONALISME BANGSA INDONESIA, SAYA MENGAJAK SELURUH PRAJURIT DAN PNS TNI UNTUK MENGENANG PERISTIWA KEBANGKITAN NASIONAL YANG DIPELOPORI DR. SUTOMO PADA TANGGAL 20 MEI 1908 SILAM.

JADIKAN MOMENTUM HARI KEBANGKITAN NASIONAL TERSEBUT UNTUK MEREVITALISASI SEMANGAT KEBANGSAAN, DENGAN HARAPAN AGAR RASA KEBERSAMAAN, PERSATUAN DAN KESATUAN SERTA NASIONALIME BANGSA INDONESIA SEMAKIN HARI AKAN SEMAKIN KUAT.

MELALUI SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL YANG BAIK PERLU DITEGUHKAN KEMBALI KOMITMEN SELURUH KOMPONEN BANGSA INDONESIA UNTUK SELALU MEMPERTAHANKAN KEEMPAT PILAR YANG MENJADI KONSENSUS DASAR BANGSA INDONESIA DALAM BERBANGSA DAN BERNEGARA YAKNI: PANCASILA, UUD 1945, NKRI DAN BHINNEKA TUNGGAL IKA. 

AKHIR-AKHIR INI BANGSA INDONESIA MENGHADAPI ANCAMAN YANG CUKUP SERIUS TERKAIT DENGAN TERORISME, RADIKALISME, KONFLIK HORIZONTAL MAUPUN SEMAKIN MASIFNYA GERAKAN NEGARA ISLAM INDONESIA DALAM MELAKUKAN REKRUTMEN TERHADAP MASYARAKAT.

ANCAMAN TERSEBUT TIDAK BOLEH DIBIARKAN SAMPAI BERLARUT-LARUT KARENA DISAMPING DAPAT MENGURANGI KEWIBAWAAN PEMERINTAH JUGA SANGAT MENGGANGGU KETENANGAN MASYARAKAT YANG PADA MUARANYA DAPAT MENIMBULKAN KERESAHAN SOSIAL.

TNI SEBAGAI GARDA TERDEPAN DAN SEKALIGUS SEBAGAI BENTENG TERAKHIR BANGSA HARUS SENANTIASA MENJUNJUNG TINGGI KOMITMEN UNTUK MEMPERTAHANKAN DAN MEMBELA KEEMPAT PILAR YANG MENJADI KONSENSUS DASAR DALAM BERBANGSA DAN BERNEGARA.

DENGAN DEMIKIAN TNI AKAN TETAP KONSISTEN DAN BERKOMITMEN MENINDAK TEGAS TERHADAP OKNUM-OKNUM, KELOMPOK MAUPUN GOLONGAN TERTENTU DALAM MASYARAKAT YANG BERKEINGINAN UNTUK MENGGOYANG EMPAT PILAR YANG SUDAH MENJADI KONSENSUS BANGSA INI.

OLEH KARENA ITU, PADA KESEMPATAN INI SAYA TEKANKAN KEPADA SELURUH SATUAN DI JAJARAN TNI UNTUK SELALU MEWASPADAI DAN MENGIKUTI PERKEMBANGAN YANG TERJADI DI LINGKUNGAN MASING-MASING SATUAN. HIDUPKAN DAN KEMBANGKAN KEMBALI NALURI PRAJURIT BERUPA DETEKSI DINI DAN CEGAH DINI DIMANAPUN BERADA SERTA BERTUGAS.

DI SISI LAIN, KITA PUN HARUS SENANTIASA MEMPERHATIKAN PERKEMBANGAN LINGKUNGAN, BAIK PADA TINGKAT NASIONAL, REGIONAL MAUPUN GLOBAL, GUNA MEMAHAMI SEGALA HAL YANG BERPOTENSI MENJADI ANCAMAN, GANGGUAN, HAMBATAN DAN TANTANGAN DALAM PELAKSANAAN TUGAS KITA MASING-MASING.

BERKAITAN DENGAN HAL TERSEBUT SAYA PERINTAHKAN KEPADA SELURUH UNSUR PIMPINAN DI JAJARAN TNI UNTUK SENANTIASA MAMPU MEMBACA SITUASI BERIKUT SEGALA KECENDERUNGAN PERKEMBANGANNYA, SEHINGGA KITA DAPAT MENINGKATKAN PEMIKIRAN PREDIKTIF, LANGKAH ANTISIPATIF DAN UPAYA KONSTRUKTIF DALAM RANGKA MENJAGA CITRA TNI, SERTA MENINGKATKAN KINERJA PELAKSANAAN TUGAS YANG DIEMBANKAN KEPADA PARA PRAJURIT DAN PNS TNI SEKALIAN DALAM KERANGKA MENGELIMINIR SEMUA POTENSI ANCAMAN, GANGUAN, HAMBATAN DAN TANTANGAN TERHADAP PEMBANGUNAN NASIONAL.

PARA PRAJURIT DAN PNS TNI, YANG SAYA CINTAI,

DALAM MENGHADAPI ISU YANG BERKAITAN DENGAN MEREBAKNYA REKRUTMEN YANG DILAKUKAN OLEH KELOMPOK YANG MENAMAKAN DIRI SEBAGAI NEGARA ISLAM INDONESIA. REKRUTMEN DILAKUKAN DENGAN SASARAN KALANGAN PEMUDA, MAHASISWA, KARYAWAN DAN SEMUA KOMPONEN BANGSA YANG MASIH POTENSIAL, SEHINGGA HAL INI TELAH MENGAJAK KITA SEMUA UNTUK SEMAKIN MENINGKATKAN KEWASPADAAN TERHADAP POTENSI ANCAMAN YANG DAPAT MELEMAHKAN SENDI-SENDI KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA.  

KEWASPADAAN DIMAKSUD HARUS DIMULAI DARI LINGKUNGAN RUMAH TANGGA KITA MASING-MASING, WASPADAI SEGALA PERUBAHAN SEKECIL APAPUN YANG BERKEMBANG DI LINGKUNGAN PUTRA-PUTRI KITA AGAR DAPAT DENGAN SEGERA MENGAMBIL LANGKAH ANTISIPATIF. HIDUPKAN KEMBALI NALURI DETEKSI DAN CEGAH DINI DENGAN CARA MELAPORKAN SEGALA KEJANGGALAN YANG KITA SAKSIKAN SECARA HIERARKIS.

DI SISI LAIN, KITA PUN MENYADARI, SEIRING DENGAN PROSES TUMBUH DAN BERKEMBANGNYA PERILAKU DEMOKRASI, SERING DITEMUKAN BERBAGAI KEGIATAN YANG DAPAT MENCIDERAI MAKNA DEMOKRASI.

DALAM HAL KEBEBASAN BERPENDAPAT DAN KESETARAAN YANG DIPRAKTEKKAN DENGAN BERBAGAI CARA SERTA METODA, MASIH DIJUMPAI TINDAKAN-TINDAKAN YANG JUSTRU BERTENTANGAN DENGAN MAKNA DAN ROH DEMOKRASI ITU SENDIRI.

HAL SEPERTI INI MERUPAKAN EKSES DALAM ETIKA POLITIK YANG MENCERMINKAN BELUM ADANYA KESEIMBANGAN ANTARA KEBEBASAN DAN TANGGUNG JAWAB, BAIK MELALUI AKSI-AKSI MAUPUN MELALUI PELEMPARAN ISU DAN TEMA-TEMA YANG BERNUANSA SENSASI, KHUSUSNYA YANG MENYANGKUT EKSISTENSI TNI.

DALAM KAITAN TERSEBUT, SAYA PERINTAHKAN KEPADA SELURUH PRAJURIT DAN PNS TNI UNTUK TIDAK BERSIKAP REAKTIF TERHADAP SEGALA ISU YANG BERKEMBANG DAN TETAP FOKUS PADA TUGAS YANG DIEMBANKAN KEPADA KITA SEKALIAN, DENGAN SENANTIASA TERUS MENINGKATKAN KUALITAS DAN KAPASITAS DIRI, GUNA MEMBANGUN KOMPETENSI DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA PERORANGAN MAUPUN ORGANISASI.

SEGENAP PRAJURIT DAN PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI, DIMANAPUN BERTUGAS DAN BERADA, YANG SAYA CINTAI SERTA SAYA BANGGAKAN,

BERKAITAN DENGAN TUGAS-TUGAS YANG KITA EMBAN DAN PERKEMBANGAN SITUASI NASIONAL, SAYA INGIN MENYAMPAIKAN BEBERAPA ATENSI DAN HARAPAN, SEBAGAI PEGANGAN DALAM MENGEMBAN TUGAS KE DEPAN, SEBAGAI BERIKUT :

PERTAMA, SENANTIASA MENINGKATKAN KUALITAS KEIMANAN DAN KETAKWAAN KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, SEBAGAI LANDASAN MORAL, ETIKA DALAM BERMASYARAKAT, SERTA SEBAGAI LANDASAN SPIRITUAL DALAM MELAKSANAKAN TUGAS PENGABDIAN KEPADA BANGSA DAN NEGARA.

KEDUA, UTAMAKAN KEARIFAN DAN KETELADANAN DALAM SEGALA PEMIKIRAN, SIKAP SERTA TINDAKAN, BAIK DI LINGKUNGAN SATUAN MAUPUN DALAM BERGAUL DI LINGKUNGAN MASYARAKAT. PERKOKOH KEMANUNGGALAN TNI-RAKYAT, SEBAGAI LANDASAN BAGI TERWUJUDNYA SOLIDITAS DAN SOLIDARITAS SOSIAL, SERTA TERWUJUDNYA PERSATUAN DAN KESATUAN NASIONAL.

KETIGA, TINGKATKAN KEWASPADAAN DAN KETANGGAPSEGERAAN TERHADAP SETIAP UPAYA YANG INGIN MELEMAHKAN SERTA MENGGANGGU STABILITAS NASIONAL YANG KONDUSIF, APALAGI TERHADAP UPAYA-UPAYA YANG INGIN MENGGAGALKAN PROGRAM PEMBANGUNAN NASIONAL, SERTA SENANTIASA SELALU ”SIAP-SIAGA” UNTUK MELAKSANAKAN TUGAS POKOK TNI BAIK DALAM BENTUK OMP MAUPUN OMSP.

KEEMPAT, TINGKATKAN TERUS SOLIDITAS DAN SOLIDARITAS SATUAN, SERTA DISIPLIN, DEDIKASI SERTA LOYALITAS PRAJURIT, AGAR DAPAT MENJAMIN SEMAKIN KOKOHNYA INTEGRASI TNI DEMI SUKSESNYA EMBANAN PERAN DAN TUGAS POKOK TNI. TINGKATKAN KOORDINASI, INTEGRASI, SINKRONISASI DAN SIMPLIKASI (KISS), ANTARA TNI DENGAN PEMDA DAN POLRI, SEHINGGA PEMBANGUNAN NASIONAL DI DAERAH DAPAT LEBIH TERPACU, LEBIH BERHASIL DAN BERDAYA GUNA. OPTIMALKAN SETIAP PELUANG DAN KAPASITAS SESUAI BATAS KEMAMPUAN TNI, DALAM RANGKA MEWUJUDKAN KETAHANAN NASIONAL SERTA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT.

KELIMA, OPTIMALKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PENALARAN, TERHADAP SETIAP PERKEMBANGAN LINGKUNGAN STRATEGIS BERIKUT SEGALA DAMPAK SERTA KECENDERUNGANNYA, DALAM RANGKA MEMPERTAJAM “VISI” DAN MEMPERKAYA “WAWASAN”, SEHINGGA DAPAT MENJAMIN VALIDITAS SERTA AKURASI “PERSEPSI ANCAMAN” YANG BAKAL KITA HADAPI. JANGAN BERHENTI BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN PROFESIONALISME, SEKALIGUS KEMBANGKAN KAPASITAS DALAM MEMBANGUN AKSES ATAU JEJARING KERJA (NETWORKING) YANG SELUAS-LUASNYA.

PARA PERWIRA, BINTARA, TAMTAMA SERTA SEGENAP PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI YANG SAYA BANGGAKAN.

APAPUN PERAN DAN TUGAS YANG KITA MILIKI SANGAT MENENTUKAN KEBERHASILAN SETIAP TUGAS YANG KITA EMBAN, KARENA KITA BERADA DALAM SATU KESATUAN SISTEM TNI. OLEH SEBAB ITU, PADA KESEMPATAN YANG BAIK INI, SAYA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN YANG TINGGI KEPADA SELURUH PRAJURIT SERTA PNS TNI DIMANAPUN BERADA DAN BERTUGAS, YANG TELAH MELAKSANAKAN TUGAS DENGAN BAIK, PENUH RASA TANGGUNG JAWAB DAN PENUH DEDIKASI. KITA SEMUA BERHARAP UNTUK SELALU DAPAT MELAKSANAKAN TUGAS HARI INI LEBIH BAIK DARI HARI KEMARIN DAN TAHUN INI LEBIH BAIK DARI TAHUN YANG LALU.

AKHIRNYA, MARILAH KITA SENANTIASA MEMANJATKAN DOA, SEMOGA TUHAN YANG MAHA ESA SENANTIASA MEMBERIKAN PETUNJUK, BIMBINGAN DAN KEKUATAN KEPADA KITA SEKALIAN, DALAM MELANJUTKAN TUGAS SERTA PENGABDIAN KEPADA TNI, MASYARAKAT, BANGSA DAN NEGARA.

SELAMAT BERTUGAS DAN BEKERJA

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

 

PANGLIMA TNI

 

AGUS SUHARTONO S.E.

LAKSAMANA TNI

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur
Jum`at, 30 November 2018
Kapolri Dan Panglima TNI Koordinasi Operasi Lilin Dan Perkembangan Kamtibmas 2018
Kamis, 29 November 2018
Panglima TNI Sebut Pengadaan Persenjataan Renstra 2015-2019 Sudah Sesuai