3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

PADA UPACARA BENDERA TANGGAL 17 JUNI 2011

Jum`at, 17 Juni 2011 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 836 kali

PARA PERWIRA, BINTARA DAN TAMTAMA, SERTA SEGENAP PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN,

        PERTAMA-TAMA, SEBAGAI INSAN YANG BERIMAN, MARILAH KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA KARENA HANYA ATAS LIMPAHAN RAHMAT DAN HIDAYAH-NYA, MAKA PADA HARI INI KITA DAPAT MELAKSANAKAN UPACARA BENDERA TUJUH BELASAN DI BULAN JUNI 2011 DALAM KEADAAN SEHAT WALAFIAT, TANPA KEKURANGAN SESUATU YANG BERARTI.

PESERTA UPACARA SEKALIAN YANG SAYA BANGGAKAN,

SEBAGAIMANA KITA KETAHUI BERSAMA BAHWA  SETIAP BULAN JUNI, SELALU DIAWALI DENGAN PERINGATAN HARI YANG SANGAT BERSEJARAH BAGI BANGSA INDONESIA YAITU HARI LAHIRNYA PANCASILA. DI TENGAH-TENGAH SITUASI SEMAKIN LEMAHNYA TALI PEREKAT RASA KEBANGSAAN MAUPUN SEMANGAT NASIONALISME BANGSA INDONESIA, TIMBUL KESADARAN PARA PEMIMPIN DAN TOKOH NASIONAL MENGAJAK KITA SEMUA UNTUK MEREVITALISASI DAN MENGAKTUALISASI NILAI-NILAI LUHUR PANCASILA DALAM BERMASYARAKAT, BERBANGSA, DAN BERNEGARA.

HAL TERSEBUT MENUNJUKKAN BAHWA SEMAKIN TUMBUH KESADARAN AKAN ARTI PENTINGNYA PANCASILA YANG DISAMPING SEBAGAI DASAR NEGARA RI, IDEOLOGI DAN FALSAFAH BANGSA INDONESIA JUGA SEBAGAI ALAT PEMERSATU BANGSA DENGAN SEMBOYAN “BHINEKA TUNGGAL IKA”.

UNTUK SEKEDAR PENCERAHAN SAYA INGIN MENGINGATKAN KEMBALI BAHWA PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA DAN FALSAFAH HIDUP BANGSA INDONESIA SESUNGGUHNYA MENGANDUNG  3 (TIGA) MACAM NILAI YAITU NILAI DASAR, NILAI INSTRUMENTAL, DAN NILAI PRAKSIS.

PENGERTIAN NILAI DASAR ADALAH SESUATU YANG BERHARGA, BERMUTU, MENUNJUKKAN KUALITAS, DAN BERGUNA BAGI MANUSIA. NILAI-NILAI DASAR DARI PANCASILA TERSEBUT MELIPUTI NILAI KETUHANAN YANG MAHA ESA, NILAI KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB, NILAI PERSATUAN INDONESIA, NILAI KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT, SERTA NILAI KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA.

NILAI INSTRUMENTAL MERUPAKAN NILAI YANG MENJADI PEDOMAN DALAM PELAKSANAAN NILAI-NILAI DASAR. NILAI DASAR BELUM DAPAT BERMAKNA SEPENUHNYA APABILA NILAI DASAR TERSEBUT BELUM MEMILIKI FORMULASI DAN PARAMETER YANG JELAS DAN KONKRET. NILAI INSTRUMENTAL YANG BERKAITAN DENGAN TINGKAH LAKU MANUSIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI, DIKENAL DENGAN SEBUTAN NORMA MORAL.

SEDANGKAN NILAI INSTRUMENTAL YANG BERKAITAN DENGAN SUATU ORGANISASI ATAU NEGARA, MAKA NILAI-NILAI ITU DIWUJUDKAN DALAM ARAH KEBIJAKAN ATAU STRATEGI YANG DIRUMUSKAN SELALU BERSUMBER PADA NILAI DASAR.

NILAI PRAKSIS MERUPAKAN PELAKSANAAN SECARA NYATA DARI NILAI-NILAI DASAR DAN NILAI INSTRUMENTAL. DENGAN FUNGSINYA SEBAGAI PENJABARAN DARI KEDUA NILAI TERSEBUT, MAKA NILAI PRAKSIS TELAH DIJIWAI OLEH NILAI-NILAI DASAR DAN NILAI INTRUMENTAL TERSEBUT.

DARI PENCERAHAN SINGKAT TENTANG PANCASILA, SAYA MENGAJAK SELURUH PRAJURIT  DAN PNS TNI AGAR SELALU MENGGALI NILAI-NILAI LUHUR YANG TERKANDUNG DI DALAM PANCASILA. SELANJUTNYA AGAR DIIMPLEMENTASIKAN DALAM SETIAP MELAKSANAAN TUGAS SESUAI DENGAN TUPOKSI MASING-MASING TERMASUK DALAM MENJALANKAN KEHIDUPAN SEHARI HARI. DENGAN DEMIKIAN APA YANG SELALU DISEBUT-SEBUT BAHWA TNI SEBAGAI PENGAMAN DAN PENGAWAL PANCASILA DAPAT TERWUJUD, BUKAN SEKEDAR WACANA. 

PARA PRAJURIT DAN PNS TNI, YANG SAYA CINTAI,

PADA BULAN JUNI INI, KITA AKAN MENGAKHIRI PROGRAN DAN ANGGARAN PERIODE SEMESTER I TAHUN ANGGARAN 2011, DENGAN DEMIKIAN MASING-MASING SATUAN KERJA (SATKER) DI JAJARAN TNI HARUS SUDAH MENYIAPKAN LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM DAN ANGGARAN PERIODE SEMESTER I BERIKUT HASIL EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM DAN ANGGARAN PADA TRIWULAN I DAN II, DIKAITKAN DENGAN POKOK-POKOK KEBIJAKAN PANGLIMA TNI YANG TELAH DITETAPKAN DALAM RAPIM TNI TAHUN 2011.

PERLU KITA PAHAMI BERSAMA BAHWA LAPORAN PELAKSANAAN DAN EVALUASI PROGRAM DAN ANGGARAN, ADALAH MERUPAKAN ALAT KENDALI BAGI SATKER YANG BERSANGKUTAN GUNA MENGETAHUI DAN MEMAHAMI SEGALA KEMAJUAN DAN KENDALA YANG DIHADAPI DALAM PENCAPAIAN PROGRAM DAN ANGGARAN SEHINGGA DAPAT MENINGKATKAN KINERJA SATKER YANG BERSANGKUTAN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM DAN ANGGARAN PADA PERIODE BERIKUTNYA.  

OLEH KARENA ITU, PADA KESEMPATAN INI SAYA TEKANKAN KEPADA SELURUH SATUAN DI JAJARAN TNI UNTUK SEGERA MENYUSUN LAPORAN DAN EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM DAN ANGGARAN UNTUK SEMESTER I SECARA BERTANGGUNG JAWAB, JUJUR, TRANSPARAN, AKUNTABEL, DAN TEPAT WAKTU. HAL TERSEBUT SEBAGAI REALISASI DARI KOMITMEN TNI DALAM REFORMASI BIROKRASI, GUNA MENDUKUNG KEBIJAKAN PEMERINTAH CLEAN GOVERMENT DAN GOOD GOVERNANCE.  

REFORMASI BIROKRASI DI LINGKUNGAN TNI DITANDAI DENGAN TELAH DITERIMANYA REMUNERASI, YANG MEMBAWA KONSEKUENSI PADA TUNTUTAN PENINGKATAN KINERJA. PERLU DIPAHAMI OLEH SELURUH PRAJURIT DAN PNS TNI, BAHWA REMUNERASI MERUPAKAN TUNJANGAN KINERJA YANG DIBERIKAN OLEH NEGARA, ARTINYA APABILA HASIL EVALUASI MENUNJUKKAN BAHWA TUNJANGAN KINERJA TIDAK MENUNJUKKAN ADANYA PENINGKATAN KINERJA DI LINGKUNGAN TNI, MAKA BUKANNYA HAL YANG TIDAK MUNGKIN JIKA REMUNERASI  TERSEBUT AKAN DIEVALUASI JUGA.

BERKAITAN DENGAN HAL TERSEBUT PERLU SAYA INGATKAN BAHWA HASIL AUDIT BPK TERHADAP LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM DAN ANGGARAN TNI TAHUN 2010 MENDAPAT PREDIKAT “WAJAR DENGAN PENGECUALIAN”. GUNA MENUNJUKKAN ADANYA PENINGKATKAN KINERJA DI LINGKUNGAN TNI PERLU DIUSAHAKAN ADANYA PENINGKATAN HASIL AUDIT BPK TERHADAP LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM KERJA DAN ANGGARAN TNI DARI PREDIKAT “WAJAR DENGAN PENGECUALIAN” PADA TAHUN 2010 MENJADI PREDIKAT “WAJAR TANPA PENGECUALIAN” UNTUK TAHUN 2011.        

MARAKNYA PEMBERITAAN TENTANG TINDAK PIDANA KORUPSI YANG DILAKUKAN OLEH PARA PENYELENGGARA NEGARA SERTA LEMAHNYA PENEGAKAN HUKUM OLEH APARAT PENEGAK HUKUM MENJADI KEPRIHATINAN BAGI KITA SEMUA.

OLEH KARENANYA MARI KITA BERPARTISIPASI UNTUK MEMBANTU PEMERINTAH DALAM MEMBERANTAS TINDAK PIDANA KORUPSI DENGAN CARA MEMBERSIHKAN SATUAN KERJA DI LINGKUNGAN TNI DARI SEGALA BENTUK TINDAK KORUPSI.

PERLU KITA SADARI BERSAMA BAHWA TINDAK PIDANA KORUPSI DIGOLONGKAN PADA TINDAK KEJAHATAN YANG LUAR BIASA (EXTRA ORDINARY CRIME), KARENA BERDAMPAK SANGAT LUAS TERHADAP KESEJAHTERAAN RAKYAT. DEMIKIAN HALNYA PARTISIPASI TNI DALAM PENEGAKAN HUKUM DENGAN MEWUJUDKAN DISIPLIN DI LINGKUNGAN PERSONEL TNI, JADIKAN PERSONEL TNI SEBAGAI CONTOH TAULADAN BAGI MASYARAKAT DALAM KEPATUHAN TERHADAP HUKUM. 

SEGENAP PRAJURIT DAN PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI, DIMANAPUN BERTUGAS DAN BERADA, YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN.

UNTUK ITU, SELAKU PANGLIMA TNI, SAYA TEKANKAN KEMBALI KEPADA SELURUH KOMANDAN  SATUAN DAN SELURUH PRAJURIT TNI, SERTA PNS TNI UNTUK :

PERTAMA, TINGKATKAN KEIMANAN DAN KETAKWAAN KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, SEBAGAI IMPLEMENTAI DARI NILAI SILA KETUHAN YANG MAHA ESA DENGAN SELALU BERUSAHA UNTUK MELAKSANAKAN SEGALA PERINTAH-NYA SERTA MENJAUHKAN DIRI DARI SEGALA LARANGAN-NYA.

KEDUA, TINGKATKAN PROFESIONALITAS AGAR DALAM SETIAP MELAKSANAKAN TUGAS DAPAT DILAKUKAN SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN GUNA DAPAT MENINGKATKAN KINERJA SATUAN SESUAI DENGAN TUNTUTAN REFORMASI BIROKRASI YANG TELAH DIBERLAKUAN.

KETIGA, SENANTIASA MEMELIHARA DAN MENINGKATKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABEL, DALAM SETIAP PEMBUATAN LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM DAN ANGGARAN SECARA PERIODIK. SEHINGGA PREDIKAT ”WAJAR TANPA PENGECUALIANDAPAT DICAPAI PADA SETIAP HASIL AUDIT BPK TERHADAP LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM DAN ANGGARAN TNI.

 KEEMPAT,  AKTUALISASIKAN  ”DISIPLIN ADALAH NAFASKU” DALAM KEHIDUPAN SETIAP PRAJURIT DAN PNS TNI, SEHINGGA DIMANAPUN KEBERADAAN PRAJURIT DAN PNS TNI AKAN SENANTIASA MENJADI CONTOH SERTA DAPAT MEMBERIKAN KETAULADANAN BAGI MASYARAKAT DI SEKITARNYA.

KELIMA, GALI TERUS NILAI-NILAI LUHUR PANCASILA UNTUK DAPATNYA DIIMPLEMENTASIKAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MAUPUN DALAM SETIAP PELAKSANAAN TUGAS YANG DIPERCAYAKAN NEGARA KEPADA MASING-MASING KITA SESUAI DENGAN PERAN DAN FUNGSI MASING-MASING.

PARA PERWIRA, BINTARA, TAMTAMA SERTA SEGENAP PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI YANG SAYA BANGGAKAN.

SEBELUM MENGAKHIRI AMANAT INI, SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN KEPADA SELURUH PRAJURIT YANG TELAH MELAKSANAKAN TUGAS DENGAN BAIK SERTA PENUH RASA TANGGUNG JAWAB, KHUSUSNYA KEPADA PARA PRAJURIT  YANG SEDANG BERTUGAS  DI DAERAH PERBATASAN, SERTA DALAM TUGAS PENANGGULANGAN BENCANA MAUPUN MUSIBAH YANG TERJADI DI WILAYAH PENUGASAN MASING-MASING.

KESEMUANYA ITU MERUPAKAN TUGAS YANG SANGAT MULIA, YANG DAPAT MEMBERIKAN NILAI TAMBAH BAGI PENINGKATAN KINERJA DIRI, SATUAN DAN  CITRA POSITIF BAGI TNI.  

AKHIRNYA, MARILAH KITA SENANTIASA  MEMANJATKAN DOA, MEMOHON KEPADA TUHAN YANG MAHA PENGASIH  DAN  PENYAYANG, AGAR SENANTIASA MEMBERIKAN PETUNJUK,  BIMBINGAN DAN KEKUATAN  KEPADA KITA SEKALIAN, DALAM MELANJUTKAN TUGAS DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, TNI, BANGSA DAN NEGARA.      

SELAMAT BERTUGAS DAN BEKERJA

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

 

PANGLIMA TNI

 

AGUS SUHARTONO, S.E.

LAKSAMANA TNI

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan
Rabu, 15 Mei 2019
Panglima TNI dan Kapolri Melakukan Kunjungan Kerja Safari Ramadhan di Wilayah Kodam III/Siliwangi
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur