3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

PADA UPACARA BENDERA “17-AN” JAKARTA, 19 DESEMBER 2011

Senin, 19 Desember 2011 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 1216 kali

PARA PERWIRA, BINTARA DAN TAMTAMA, SERTA PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI; PESERTA UPACARA YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN,

MENGAWALI AMANAT INI, MARILAH KITA PANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KE HADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA, KARENA ATAS LIMPAHAN RAHMAT DAN KARUNIA-NYA, DI PENGHUJUNG TAHUN 2011 INI, KITA MASIH DIBERIKAN LINDUNGAN DAN KEKUATAN UNTUK MELAKSANAKAN UPACARA BENDERA DALAM KEADAAN SEHAT WALAFIAT.

PELAKSANAAN UPACARA BENDERA BULAN DESEMBER 2011 INI BERTEPATAN DENGAN AKHIR TAHUN ANGGARAN 2011, PERTANDA BAHWA KITA AKAN MENGAKHIRI RANGKAIAN KEGIATAN YANG DIPROGRAMKAN PADA TAHUN ANGGARAN 2011. DALAM SISA WAKTU DUA MINGGU KE DEPAN, KITA MEMILIKI WAKTU UNTUK MENUNTASKAN SEGALA SESUATU YANG MENJADI TANGGUNG JAWAB MASING-MASING, DISAMPING MENYIAPKAN EVALUASI TERUTAMA TUGAS YANG BELUM DAPAT DILAKSANAKAN SECARA OPTIMAL.

SEHUBUNGAN DENGAN HAL TERSEBUT, SAYA INGIN MENGINGATKAN KEPADA SETIAP KASATKER, UNTUK MENYIAPKAN PERTANGGUNGJAWABAN KINERJA DI SATUAN KERJANYA MASING-MASING, MELALUI LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA ATAU LAKIP. 

SESUAI SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA, MAKA LAKIP BUKAN SEKEDAR MEMPERTANGGUNGJAWABKAN OUTPUT YANG DIWUJUDKAN DALAM BENTUK DUKUNGAN ANGGARAN, TETAPI YANG LEBIH PENTING LAGI ADALAH BAHWA SETIAP KASATKER HARUS DAPAT MEMPERTANGGUNGJAWABKAN OUTCOMES-NYA, YAITU MANFAAT DARI OUTPUT TERSEBUT. MANFAAT YANG DIDAPAT HARUS MEMILIKI PENGARUH POSITIF TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME DAN KESIAPAN OPERASIONAL SATUAN, SERTA KESEJAHTERAAN PRAJURIT.     

PARA PESERTA UPACARA SEKALIAN.

MESKIPUN DENGAN KETERBATASAN PERALATAN UTAMA YANG KITA MILIKI, TNI TETAP DAPAT MENGAKTUALISASIKAN JATIDIRINYA MELALUI KINERJA YANG DILAKSANAKAN SECARA IKHLAS DEMI KEPENTINGAN BANGSA DAN NEGARA. SEBAGAI KONSEKUENSINYA, PEMERINTAH MEMBERIKAN KENAIKAN ANGGARAN YANG CUKUP SIGNIFIKAN BAGI KEPENTINGAN TNI DI MASA DEPAN. KENAIKAN ANGGARAN TERSEBUT DIMAKSUDKAN UNTUK MEWUJUDKAN KEKUATAN POKOK MINIMUM (MEF), YANG DIFOKUSKAN PADA MODERNISASI ALUTSISTA SERTA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PRAJURIT DAN PNS TNI BESERTA KELUARGANYA.

UNTUK ITU, MENCERMATI PELAKSANAAN TUGAS SELAMA SATU TAHUN, KHUSUSNYA SEBULAN TERAKHIR INI, KITA PATUT BERBANGGA KARENA TELAH DAPAT MENYELESAIKAN BEBERAPA TUGAS DENGAN BAIK, TERUTAMA DALAM OPERASI MILITER SELAIN PERANG, KITA TELAH BERBUAT MAKSIMAL UNTUK MEMBANTU PENANGANAN KORBAN BENCANA ALAM DI BERBAGAI TEMPAT.

          SELAIN ITU, KITA JUGA SUKSES MELAKSANAKAN TUGAS PENGAMANAN PARA KEPALA NEGARA DALAM PELAKSANAAN KONFERENSI ASEAN DAN ASEAN PLUS DI BALI PADA BULAN LALU, SERTU IKUT SERTA MENYUKSESKAN PENYELENGGARAAN KEJUARAAN  OLAH  RAGA  SEA  GAMES 2011.

          KITA PATUT BERSYUKUR INDONESIA TAMPIL MEMBANGGAKAN DAN KELUAR SEBAGAI JUARA UMUM. INI SEMUA BISA KITA LAKUKAN DENGAN BAIK BERKAT DUKUNGAN BERBAGAI PIHAK DAN MASYARAKAT LUAS.

KITA JUGA MENGAMATI, PARA PRAJURIT YANG BERTUGAS MENGAMANKAN WILAYAH PERBATASAN DAN PULAU-PULAU TERLUAR, DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH MEMPERLIHATKAN TINGKAT KESIAGAAN YANG TINGGI.  BEGITU PULA DALAM MENUNJANG KELANCARAN PENYELENGGARAAN PILKADA DI BERBAGAI DAERAH, DENGAN KETEGUHAN HATI PARA PRAJURIT TETAP MEMATUHI NORMA ATURAN DAN HUKUM YANG BERKAITAN DENGAN PESTA DEMOKRASI TERSEBUT SERTA MENJUNJUNG TINGGI NETRALITAS TNI.

SELAIN TUGAS-TUGAS DI DALAM NEGERI, KITA JUGA TURUT BERPARTISIPASI MEMBANTU MENGATASI PERMASALAHAN YANG DIHADAPI OLEH BEBERAPA NEGARA SAHABAT, MELALUI PEGIRIMAN PASUKAN PERDAMAIAN TNI YANG TERGABUNG DALAM KONTINGEN GARUDA, ANTARA LAIN DI LIBANON, KONGO DAN HAITI, SERTA BEBERAPA PERSONEL TNI LAINNYA DI SUDAN, DARFUR DAN LIBERIA.

ATAS SEMUA HASIL YANG KITA CAPAI, SAYA MENYAMPAIKAN PENGHARGAAN DAN TERIMAKASIH KEPADA SELURUH PRAJURIT DAN PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI, BESERTA SEMUA PIHAK DAN MASYARAKAT YANG TERKAIT LANGSUNG DENGAN TUGAS-TUGAS INI.

SEGENAP PESERTA UPACARA YANG SAYA CINTAI.

PADA KESEMPATAN YANG BAIK INI, MENJELANG TAHUN 2012, MARILAH KITA SONGSONG DENGAN PENUH OPTIMISME DAN MENGISINYA DENGAN KARYA-KARYA YANG DAPAT MEMENUHI HARAPAN MASYARAKAT, BANGSA DAN NEGARA. SEBELUM ITU, LAKUKAN INTROSPEKSI ATAS KINERJA MASING-MASING SELAMA SETAHUN TERAKHIR. HAL INI PENTING DILAKUKAN AGAR KEKURANGAN DAN KELEMAHAN DAPAT KITA PERBAIKI, SEHINGGA PADA TAHUN 2012 NANTI, KINERJA KITA AKAN LEBIH BAIK TERUTAMA YANG MENYANGKUT MASALAH DISIPLIN DALAM ARTI YANG SELUAS-LUASNYA, MULAI DARI DISIPLIN KEHIDUPAN BERKELUARGA DAN BERMASYARAKAT, HINGGA KETAATAN TERHADAP ATURAN-ATURAN KEDINASAN.

GUNA MEWUJUDKAN HAL ITU, SAYA MINTA SEMUA PRAJURIT DAN PNS TNI AGAR MENJAUHKAN DIRI DARI PERBUATAN YANG TIDAK TERPUJI, YANG DAPAT MERUGIKAN DIRI SENDIRI, KELUARGA DAN INSTITUSI TNI. HINDARI PERKELAHIAN DENGAN SIAPAPUN, TERMASUK DENGAN SESAMA APARAT TNI DAN POLRI, JAUHI NARKOTIKA DAN OBAT-OBATAN TERLARANG SERTA JANGAN PERNAH TERLIBAT DALAM KEGIATAN BISNIS HARAM. SEBALIKNYA, JADILAH PANUTAN BAGI MASYARAKAT DI TEMPAT KALIAN BERADA, SEHINGGA KEHADIRAN KALIAN BENAR-BENAR DIRASAKAN MANFAATNYA BAGI MASYARAKAT LINGKUNGAN SEKITAR.

SEGENAP PESERTA UPACARA YANG SAYA BANGGAKAN.

BERKENAN DENGAN PERAYAN NATAL PADA TANGGAL 25 DESEMBER 2011 NANTI, SAYA ATAS NAMA PIMPINAN TNI MENGUCAPKAN SELAMAT NATAL KEPADA PARA PRAJURIT DAN PNS TNI YANG MERAYAKANNYA. DAN KEPADA SELURUH PRAJURIT DAN PNS TNI SAYA JUGA MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU 2012.

AKHIRNYA, SAYA MINTA SELURUH JAJARAN TNI UNTUK TERUS MENINGKATKAN KEWASPADAAN DAN KESIAPAN OPERASIONAL MASING-MASING JAJARAN GUNA MENYONGSONG TUGAS-TUGAS KEDEPAN.

DEMIKIAN AMANAT SAYA, SEMOGA TUHAN YANG MAHA ESA SELALU MEMBERIKAN PETUNJUK, BIMBINGAN DAN PERLINDUNGAN-NYA KEPADA KITA SEMUA, DALAM MELANJUTKAN TUGAS PENGABDIAN KEPADA BANGSA DAN NEGARA.
         
SELAMAT BERTUGAS DAN BERKARYA.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

 

PANGLIMA TNI

 

 

AGUS SUHARTONO, S.E.

LAKSAMANA TNI

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur
Jum`at, 30 November 2018
Kapolri Dan Panglima TNI Koordinasi Operasi Lilin Dan Perkembangan Kamtibmas 2018
Kamis, 29 November 2018
Panglima TNI Sebut Pengadaan Persenjataan Renstra 2015-2019 Sudah Sesuai