3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

PADA UPACARA BENDERA TANGGAL, 17 APRIL 2012

Selasa, 17 April 2012 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 1899 kali

PARA PERWIRA, BINTARA DAN TAMTAMA, SERTA SEGENAP PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN,         

SEBAGAI INSAN PRAJURIT YANG BERIMAN DAN BERTAKWA, MARILAH KITA SENANTIASA MEMANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA, ATAS SEGALA LIMPAHAN BERKAT DAN KARUNIA-NYA  SEHINGGA PADA HARI INI KITA DAPAT MENGIKUTI UPACARA BENDERA TUJUH BELASAN BULAN APRIL 2012 DALAM KEADAAN SEHAT WALAFIAT.

PESERTA UPACARA SEKALIAN YANG BERBAHAGIA, 

MENCERMATI SITUASI NASIONAL PADA BEBERAPA WAKTU LALU, PERHATIAN KITA TERSERAP PADA MARAKNYA AKSI UNJUK RASA YANG DILAKUKAN BERBAGAI ELEMEN MASYARAKAT DI BEBERAPA KOTA BESAR INDONESIA, YANG MENOLAK RENCANA PEMERINTAH UNTUK MENGURANGI  SUBSIDI  HARGA  BBM. 

RENCANA TERSEBUT DIDASARI PERTIMBANGAN SEMAKIN TINGGINYA DISPARITAS HARGA BBM DUNIA DIHADAPKAN DENGAN HARGA BBM NASIONAL YANG BERLAKU SAAT  INI,    SEHINGGA BESARNYA SUBSIDI YANG DIBERIKAN UNTUK MENEKAN HARGA BBM TERSEBUT DIRASAKAN SANGAT MEMBERATKAN APBN TAHUN 2012 SERTA DIKHAWATIRKAN AKAN BERPENGARUH TERHADAP PROGRAM PEMBANGUNAN NASIONAL DI SEKTOR LAINNYA.

NAMUN AKHIRNYA ATAS DASAR MUSYAWARAH YANG PANJANG DAN MENYIMAK ASPIRASI RAKYAT, PEMERINTAH DAN DPR RI SEPAKAT UNTUK MENETAPKAN BEBERAPA SYARAT BAGI PEMERINTAH DALAM MENAIKKAN ATAU MENURUNKAN HARGA BBM DIHADAPKAN DENGAN FLUKTUASI HARGA BBM DUNIA YANG BERLAKU DALAM KURUN WAKTU TERTENTU.   

PARA PRAJURIT DAN PNS TNI, YANG SAYA CINTAI, 

DALAM KONTEKS PEMBANGUNAN NASIONAL, IKLIM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA YANG DINAMIS, AMAN, STABIL SERTA DAMAI, SELARAS DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI DAN SOSIAL SECARA MENYELURUH, ADALAH SATU KESATUAN KEBUTUHAN MUTLAK, YANG SEKALIGUS MERUPAKAN INDIKATOR DARI KEBERHASILAN PEMBANGUNAN NASIONAL.

OLEH SEBAB ITU, PENCIPTAAN STABILITAS KEAMANAN NASIONAL DI ALAM DEMOKRASI INI MERUPAKAN PRA KONDISI YANG HARUS DIPRIORITASKAN, MULAI DARI LINGKUP DAERAH SAMPAI DENGAN LINGKUP NASIONAL, SEHINGGA PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBANGUNAN NASIONAL DAPAT TERLAKSANA DENGAN BAIK.  

DI BIDANG KEAMANAN, DITETAPKANNYA PERSYARATAN TERTENTU BAGI PEMERINTAH DALAM MENAIKAN HARGA BBM BERSUBSIDI DAN MEMBATALKAN KENAIKANNYA YANG SEMULA DIRENCANAKAN AKAN DIBERLAKUKAN OLEH PEMERINTAH PER 1 APRIL 2012, TELAH MENCIPTAKAN SITUASI YANG LEBIH  KONDUSIF  BAGI STABILITAS KEAMANAN NASIONAL. SEHINGGA SECARA MAKRO DAPAT DIKATAKAN SITUASI KEAMANAN NASIONAL DAPAT DIKENDALIKAN DENGAN BAIK, TERMASUK KONFLIK­-KONFLIK KECIL YANG TERJADI DI BEBERAPA DAERAH TELAH BERHASIL DIREDAM DENGAN CEPAT SEHINGGA TIDAK BERDAMPAK SECARA NASIONAL.

PENCAPAIAN STABILITAS KEAMANAN NASIONAL YANG KONDUSIF TERSEBUT TIDAK TERLEPAS DARI PENGARUH KEPEMIMPINAN DI DAERAH YANG MAMPU MENSINERGIKAN SELURUH SUMBER DAYA KEAMANAN YANG ADA DI DAERAHNYA. TINGKAT KEPEKAAN DAN RESPON YANG CEPAT DARI KEPEMIMPINAN DI DAERAH UNTUK MEREDAM SECARA DINI TERHADAP SETIAP GEJALA GANGGUAN KEAMANAN YANG MUNCUL, TELAH TERBUKTI BERPERAN BESAR DALAM MENCEGAH MELUASNYA SETIAP ­KONFLIK YANG TERJADI.    

DISINILAH KETERKAITAN ERAT PERAN KEPEMIMPINAN DAERAH YANG BERSINERGI DAN SALING MENOPANG, BAIK PADA LINGKUP KEPEMIMPINAN SIPIL MAUPUN MILITER, DI DALAM MENJAGA SERTA MEMELIHARA STABILITAS KEAMANAN DI DAERAH DAN BERMUARA PADA STABILITAS KEAMANAN NASIONAL, SEHINGGA PELAKSANAAN PROGRAM PEMBANGUNAN DAPAT DISELENGGARAKAN DENGAN BAIK.

PARA PRAJURIT DAN PNS TNI, YANG SAYA CINTAI,         

SEHUBUNGAN DENGAN TERJADINYA GEMPA BUMI DENGAN KEKUATAN 8,5 SKALA RICHTER DI WILAYAH BARAT NANGGROE ACEH DARUSSALAM PADA TANGGAL 11 APRIL 2012, YANG GETARANNYA JUGA DIRASAKAN HINGGA KE SELATAN PULAU SUMATERA, WALAUPUN TIDAK TERJADI GELOMBANG TSUNAMI, NAMUN KEJADIAN INI SEMAKIN MEYAKINKAN KITA BAHWA SEBAGIAN BESAR DARI WILAYAH NKRI INI BERADA PADA LEMPENGAN-LEMPENGAN BUMI YANG SANGAT RAWAN TERHADAP BENCANA ALAM KHUSUSNYA GEMPA BUMI. 

          UNTUK ITU, SESUAI AMANAT DALAM UNDANG-UNDANG YANG MENCANTUMKAN TUGAS TNI DALAM OPERASI MILITER SELAIN PERANG, KHUSUSNYA DALAM MEMBANTU MENGATASI BENCANA ALAM, MAKA KITA HARUS SENANTIASA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SERTA MENYIAPKAN DIRI DAN KESATUANNYA MENGHADAPI TUGAS KETANGGAPSEGERAAN DALAM MENGATASI BENCANA APAPUN SEHINGGA KITA DAPAT MEMBANTU MERINGANKAN PENDERITAAN YANG DIALAMI MASYARAKAT KITA.  KEMAMPUAN DAN DEDIKASI SETIAP PRAJURIT TNI TENTUNYA SANGAT DITUNGGU-TUNGGU OLEH RAKYAT YANG TERTIMPA MUSIBAH SEBAGAI SALAH SATU WUJUD PENGABDIAN TNI YANG NYATA, DENGAN DEMIKIAN KEHADIRAN DAN PERAN TNI DI DAERAH BETUL-BETUL DAPAT DIRASAKAN MANFAATNYA OLEH RAKYAT INDONESIA.

SEGENAP PRAJURIT DAN PNS TNI, YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN. 

BERKAITAN DENGAN TUGAS-TUGAS YANG KITA EMBAN DAN PERKEMBANGAN SITUASI NASIONAL, SAYA INGIN MENYAMPAIKAN BEBERAPA ATENSI DAN HARAPAN, SEBAGAI PEGANGAN DALAM MENGEMBAN TUGAS KE DEPAN, SEBAGAI BERIKUT : 

PERTAMA, TINGKATKAN TERUS KUALITAS KEIMANAN DAN KETAKWAAN KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, SEBAGAI LANDASAN MORAL, DALAM MELAKSANAKAN TUGAS  PENGABDIAN KEPADA BANGSA DAN NEGARA. 

KEDUA, KHUSUS KEPADA PARA PERWIRA HENDAKNYA SENANTIASA MENDALAMI DAN MEMAHAMI SERTA MENGHAYATI ESENSI YANG DIAMANATKAN OLEH UU RI NOMOR 34 TAHUN 2004, UNTUK DIJADIKAN LANDASAN HUKUM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS PENGABDIAN KEPADA NEGARA DAN BANGSA.  

KETIGA,  SENANTIASA MENINGKATKAN PEMAHAMAN JATI DIRI PRAJURIT TNI, DISAMPING SEBAGAI “TENTARA RAKYAT, TENTARA PEJUANG, DAN TENTARA NASIONAL JUGA   SEBAGAI   TENTARA  PROFESIONAL”, HAL INI HENDAKNYA DIJADIKAN LANDASAN UNTUK MEWUJUDKAN PROFESIONALITAS DEMI KEBERHASILAN DALAM MENGEMBAN TUGAS POKOK TNI.  

KEEMPAT, OPTIMALKAN KEMAMPUAN ANALISIS TERHADAP SETIAP PERKEMBANGAN LINGKUNGAN STRATEGIS BERIKUT SEGALA DAMPAK DAN KECENDERUNGANNYA, SEHINGGA TNI SELALU SIAP DENGAN LANGKAH-LANGKAH ANTISIPATIF YANG KREATIF.  

KELIMA, TINGKATKAN KEWASPADAAN DAN KETANGGAPSEGERAAN TERHADAP SETIAP UPAYA YANG INGIN MELEMAHKAN DAN MENGGANGGU STABILITAS NASIONAL. SENANTIASA ”SIAP-SIAGA” UNTUK MELAKSANAKAN “OMSP” KHUSUSNYA BERKAITAN DENGAN ”TUGAS PERBANTUAN” DALAM RANGKA OPERASI KEMANUSIAAN MAUPUN UNTUK PENEGAKAN STABILITAS NASIONAL.

PARA PERWIRA, BINTARA, TAMTAMA SERTA SEGENAP PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI YANG SAYA BANGGAKAN, 

SETIAP ELEMEN YANG MENJADI BAGIAN DARI ORGANISASI TNI SECARA KESELURUHAN MERUPAKAN UNSUR PENTING DAN SALING TERKAIT, UNTUK ITU SEKECIL APAPUN PERAN DAN TUGAS YANG KITA LAKSANAKAN MENJADI PENENTU BAGI KEBERHASILAN TUGAS YANG KITA EMBAN SECARA KESELURUHAN KARENA KITA BEKERJA DALAM HUBUNGAN KESISTEMAN.  

OLEH KARENA ITU, PADA KESEMPATAN YANG BAIK INI, SAYA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN SETINGGI-TINGGINYA KEPADA SEGENAP PRAJURIT DAN PNS TNI DIMANAPUN BERTUGAS DAN BERADA, YANG TELAH MELAKSANAKAN TUGAS DENGAN BAIK, PENUH RASA TANGGUNG JAWAB DAN PENUH DEDIKASI.

KITA SEMUA BERHARAP AGAR PELAKSANAAN TUGAS KITA KE DEPAN AKAN SEMAKIN SUKSES DAN MEMBERIKAN KONTRIBUSI YANG SANGAT POSITIF BAGI KEBERLANGSUNGAN HIDUP BANGSA DAN NEGARA DI MASA MENDATANG. 

AKHIRNYA, MARILAH KITA BERSERAH DIRI SERAYA MEMANJATKAN DOA, SEMOGA TUHAN YANG MAHA ESA SENANTIASA MEMBERIKAN PETUNJUK DAN BIMBINGAN KEPADA KITA SEKALIAN, DALAM MELANJUTKAN TUGAS DAN PENGABDIAN KEPADA, TNI, BANGSA, DAN NEGARA YANG SANGAT KITA CINTAI.

 

PANGLIMA TNI

 

AGUS SUHARTONO, S.E.

LAKSAMANA TNI

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan
Rabu, 15 Mei 2019
Panglima TNI dan Kapolri Melakukan Kunjungan Kerja Safari Ramadhan di Wilayah Kodam III/Siliwangi
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur