3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

PADA UPACARA BENDERA 17-AN JAKARTA, 21 MEI 2012

Senin, 21 Mei 2012 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 2190 kali

PARA PERWIRA, BINTARA DAN TAMTAMA, SERTA SEGENAP PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN, 

SEBAGAI INSAN PRAJURIT YANG BERIMAN DAN BERTAKWA, MARILAH KITA SENANTIASA MEMANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA, ATAS SEGALA LIMPAHAN KESEHATAN DAN KEKUATAN, SEHINGGA PADA HARI INI KITA DAPAT MENGIKUTI UPACARA BENDERA TUJUH BELASAN DALAM KEADAAN SEHAT WAL’AFIAT.

UPACARA BENDERA SEPERTI INI MERUPAKAN SALAH SATU PERWUJUDAN SEMANGAT KEBANGSAAN DAN CINTA TANAH AIR KITA, SEHINGGA HARUS TERUS DIGELORAKAN DI SETIAP DIRI PRAJURIT DAN PNS TNI.  SAYA BERHARAP AGAR HAKIKAT DAN TUJUAN YANG TERKANDUNG DARI PENYELENGGARAAN UPACARA INI, BENAR-BENAR DAPAT DIPAHAMI DAN DIMAKNAI SEBAGAI SUATU UPAYA MENDORONG PENINGKATAN KINERJA DAN PENGABDIAN KITA SELAKU GARDA TERDEPAN DAN BENTENG TERAKHIR DALAM MENJAGA KEDAULATAN NKRI.

UNTUK ITU, ATAS NAMA KOMANDO, SAYA SAMPAIKAN UCAPAN “TERIMA KASIH” DAN “PENGHARGAAN” KEPADA SELURUH PRAJURIT DAN PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI, ATAS SEGALA PELAKSANAAN TUGAS KALIAN, SESUAI DENGAN FUNGSI DAN PERAN MASING-MASING, KHUSUSNYA DALAM KURUN WAKTU SEBULAN TERAKHIR INI.

PESERTA UPACARA SEKALIAN YANG SAYA BANGGAKAN,

KITA KETAHUI BERSAMA BAHWA BERBAGAI KEMUDAHAN DAPAT KITA PEROLEH MELALUI SARANA DAN MEDIA KOMUNIKASI YANG BERKEMBANG PESAT DEWASA INI, KHUSUSNYA DALAM MENGIKUTI PERKEMBANGAN SITUASI YANG TERJADI BERIKUT SEGALA KECENDERUNGANNYA, BAIK DALAM LINGKUP GLOBAL, REGIONAL MAUPUN NASIONAL. 

PADA LINGKUP GLOBAL DAN REGIONAL, POLA INTERAKSI ANTAR KAWASAN ATAU ANTAR NEGARA DEMIKIAN DINAMIS DENGAN MENGEDEPANKAN KEPENTINGAN NASIONAL MASING-MASING NEGARA. BERMUARANYA BERBAGAI KEPENTINGAN NASIONAL ITU, TENTUNYA AKAN MENGHADIRKAN BERBAGAI POLA HUBUNGAN ANTAR NEGARA DAN ANTAR KAWASAN YANG AMAT BERVARIASI SERTA SALING TERKAIT.

KONDISI TERSEBUT HARUS DIIKUTI HINGGA DETAIL-DETAIL KECENDERUNGANNYA, KHUSUSNYA TERKAIT MASALAH KEAMANAN KAWASAN, YANG TERKAIT DENGAN TUGAS-TUGAS TNI DI FORUM INTERNASIONAL DALAM MENGEMBAN AMANAT KONSTITUSI.

PADA LINGKUP NASIONAL, KITA DAPAT MENYIMAK DINAMIKA PERKEMBANGAN POLITIK NASIONAL YANG SECARA PERLAHAN MENUJU KE ARAH YANG LEBIH BAIK.   GUNA  MENCAPAI  ARAH TERSEBUT, PEMERINTAH MENGIMPLEMENTASIKAN KEBIJAKAN DESENTRALISASI DAN OTONOMI DAERAH DENGAN TIGA HARAPAN, YAITU:

PERTAMA, MUNCULNYA KEMANDIRIAN YANG DIGERAKKAN OLEH KREATIVITAS DAN INOVASI DAERAH, DALAM MENGOPTIMALKAN BERBAGAI POTENSI SUMBER DAYA, SEPERTI SUMBER DAYA MANUSIA MAUPUN SUMBER DAYA ALAM YANG DAPAT MENDUKUNG DAN MEMPERKOKOH PEMBANGUNAN NASIONAL DALAM BINGKAI NKRI.

KEDUA, TUMBUHNYA MODAL SOSIAL DAN BENTUK PARTISIPASI MASYARAKAT YANG AKAN MENUMBUHKEMBANGKAN KOMITMEN, KEPERCAYAAN, TOLERANSI DAN KERJASAMA DALAM MENINGKATKAN SOLIDARITAS SOSIAL YANG BERKORELASI POSITIF DENGAN KINERJA PEMBANGUNAN DAN KUALITAS KEHIDUPAN DEMOKRASI YANG LEBIH BAIK.

KETIGA, TERBANGUNNYA TATA HUBUNGAN YANG BAIK ANTARA PEMERINTAH PUSAT DAN DAERAH SECARA PROPORSIONAL, HARMONIS DAN PRODUKTIF DALAM RANGKA PENGUATAN PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA.

HARAPAN TERSEBUT HARUS KITA DUKUNG PENUH, SESUAI FUNGSI DAN TUGAS YANG KITA EMBAN DALAM RANGKA TUMBUHNYA DINAMIKA POLITIK NASIONAL, YANG AKAN MENDORONG LAHIRNYA KEADILAN SERTA TATA PEMERINTAHAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN BAGI KEMAJUAN DAERAH, SEKALIGUS MENGHAPUS PANDANGAN KRITIS BAHWA OTONOMI  DAERAH HANYALAH JALAN EKSPLOITASI DAN INVESTASI ASING

PARA PRAJURIT DAN PNS TNI, YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN,

DALAM KAITAN PERKEMBANGAN GLOBAL, REGIONAL DAN NASIONAL, PADA KESEMPATAN UPACARA BENDERA INI, SAYA SAMPAIKAN BEBERAPA ATENSI DAN HARAPAN UNTUK DIGUNAKAN SEBAGAI PEDOMAN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS, SEBAGAI BERIKUT :

PERTAMA, PELIHARA DAN TINGKATKAN KEIMANAN DAN KETAKWAAN KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, SEBAGAI WUJUD AMALIAH NYATA DARI SAPTA MARGA DAN SUMPAH PRAJURIT, SEKALIGUS SEBAGAI LANDASAN MORAL DAN ETIKA DALAM PELAKSANAAN TUGAS PARA PRAJURIT SEKALIAN.

KEDUA, TINGKATKAN WAWASAN SERTA  ILMU PENGETAHUAN GUNA MEMBANGUN KAPASITAS DIRI DALAM RANGKA MEMBANGUN KAPABILITAS TNI SEBAGAI ALAT DAN KOMPONEN UTAMA PERTAHANAN NEGARA, SERTA SEBAGAI INSTRUMEN DIPLOMASI MILITER INTERNASIONAL YANG SOLID, PROFESIONAL, BERWAWASAN KEBANGSAAN SERTA MENCINTAI DAN DICINTAI RAKYAT.

KETIGA, JAGA DAN TINGKATKAN SOLIDITAS DAN SOLIDARITAS PRAJURIT TNI, BAIK INTERNAL MAUPUN ANTAR ANGKATAN, SERTA TINGKATKAN SEMANGAT DAN JIWA KORSA YANG POSITIF, TERUTAMA DALAM MENYIKAPI PERBEDAAN PENDAPAT ATAU BENTUK-BENTUK KESALAHPAHAMAN YANG TERJADI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI, BAIK ANTARA SESAMA PRAJURIT TNI MAUPUN DENGAN POLRI DAN MASYARAKAT.

KEEMPAT,  AMALKAN SECARA NYATA NILAI-NILAI SETIAP BUTIR ”DELAPAN WAJIB TNI” DI TENGAH KEHIDUPAN MASYARAKAT YANG SEDANG MENGALAMI BANYAK COBAAN.  HORMATI SETIAP NILAI KEARIFAN LOKAL”, DI MANAPUN PARA PRAJURIT DAN PNS TNI BERTUGAS DAN BERADA, DEMI SEMAKIN MANTAPNYA ”KEMANUNGGALAN TNI-RAKYAT DI ATAS SEMANGAT BHINNEKA TUNGGAL IKA.

KELIMA, TINGKATKAN PEMBINAAN SATUAN DENGAN MENGEDEPANKAN “KEPEMIMPINAN LAPANGAN” DENGAN PENUH SIMPATI, KETELADANAN DAN PENGAYOMAN. KEKANG SEGALA NALURI PRIMITIF” YANG CENDERUNG NEGATIF  DAN MERUSAK CITRA PRAJURIT DAN PNS TNI, SERTA CITRA SATUAN.

KEENAM, TINGKATKAN KOORDINASI, INTEGRASI DAN KOMUNIKASI DENGAN PEMERINTAH DAERAH DAN KOMPONEN BANGSA LAINNYA, SEHINGGA KONDUSIFITAS DAERAH YANG SANGAT DIBUTUHKAN BAGI  PEMBANGUNAN NASIONAL DAN DAERAH DAPAT TERCAPAI DENGAN BAIK. OPTIMALKAN SETIAP PELUANG PENGABDIAN SESUAI KEMAMPUAN DAN BATAS KEMAMPUAN TNI, GUNA MEMBANTU TERWUJUDNYA KESEJAHTERAAN DAN KEAMANAN SERTA KETAHANAN MASYARAKAT.

AKHIRNYA, MARILAH KITA BERSERAH DIRI SERAYA MEMANJATKAN DOA, SEMOGA TUHAN YANG MAHA ESA, SENANTIASA MEMBERIKAN PETUNJUK DAN BIMBINGAN KEPADA KITA SEKALIAN, DALAM MELANJUTKAN TUGAS DAN PENGABDIAN KEPADA TNI, BANGSA DAN NEGARA YANG KITA CINTAI BERSAMA.

 SELAMAT BERTUGAS

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

 

PANGLIMA TNI

 

AGUS SUHARTONO, S.E.

LAKSAMANA TNI

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Kamis, 18 Juli 2019
LOGO HUT TNI KE-74
Jum`at, 28 Juni 2019
SIARAN TNI DI RRI PROGRAM 4.
Senin, 24 Juni 2019
Conference ICRC Tahun 2019 di Jakarta
Jum`at, 21 Juni 2019
SIARAN TNI DI RRI PROGRAM 4.
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan
Rabu, 15 Mei 2019
Panglima TNI dan Kapolri Melakukan Kunjungan Kerja Safari Ramadhan di Wilayah Kodam III/Siliwangi
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur