3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

AMANAT PANGLIMA TNI PADA UPACARA BENDERA TANGGAL, 17 JUNI 2012

Senin, 18 Juni 2012 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 2765 kali

PARA PERWIRA, BINTARA DAN TAMTAMA, SERTA SEGENAP PNS TNI YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN,

          MENGAWALI AMANAT INI, SEBAGAI INSAN YANG BERIMAN DAN BERTAKWA, MARILAH KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR KE HADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA KARENA HANYA ATAS LIMPAHAN RAHMAT DAN KARUNIA-NYA, MAKA PADA HARI INI KITA DAPAT MELAKSANAKAN UPACARA BENDERA TUJUH BELASAN DI BULAN JUNI 2012 DALAM KEADAAN SEHAT WALAFIAT.

PESERTA UPACARA SEKALIAN,

SEBAGAIMANA KITA KETAHUI BERSAMA, BAHWA SETIAP BULAN JUNI SELALU DIAWALI DENGAN PERINGATAN HARI YANG SANGAT BERSEJARAH BAGI BANGSA INDONESIA, YAITU HARI LAHIRNYA PANCASILA.

DI TENGAH-TENGAH KONDISI SEMAKIN MELEMAHNYA TALI PEREKAT RASA KEBANGSAAN MAUPUN SEMANGAT NASIONALISME BANGSA INDONESIA, KITA MERASA GEMBIRA BERCAMPUR HARU DENGAN TELAH TIMBUL KEMBALINYA KESADARAN BEBERAPA TOKOH NASIONAL, YANG MENGAJAK SEMUA ANAK-ANAK BANGSA UNTUK MEREVITALISASI DAN MENGAKTUALISASI NILAI-NILAI LUHUR PANCASILA DALAM BERMASYARAKAT, BERBANGSA ,DAN BERNEGARA.

KESADARAN TERSEBUT MENUNJUKKAN BAHWA PANCASILA MASIH MEMILIKI ARTI YANG SANGAT PENTING BAGI BANGSA INDONESIA SEBAGAI DASAR DAN IDEOLOGI NEGARA, FALSAFAH HIDUP, JUGA SEBAGAI ALAT PEMERSATU BANGSA YANG “BHINEKA TUNGGAL IKA” DI TENGAH ERA GLOBALISASI YANG PENUH DENGAN DINAMIKA DAN FENOMENA KEHIDUPAN BARU.

 

 

 

PARA PRAJURIT DAN PNS TNI, YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN,

MENCERMATI ISU-ISU YANG BERKEMBANG AKHIR-AKHIR INI, TERDAPAT BEBERAPA ISU NEGATIF YANG MENERPA INSTITUSI TNI, DIANTARANYA KETERLIBATAN ANGGOTA TNI DALAM KASUS PEREDARAN NARKOBA, PENYALAHGUNAAN SENJATA API DAN PENYALAHGUNAAN NOMOR KENDARAAN  DINAS OLEH BEBERAPA OKNUM PRAJURIT TNI. HAL TERSEBUT TENTU MENJADI KEPRIHATINAN KITA BERSAMA.

PERLU DISADARI BAHWA PERBUATAN SEGELINTIR OKNUM PRAJURIT TNI TERSEBUT TELAH  MERUSAK KREDIBILITAS DAN CITRA TNI, YANG SELAMA INI TELAH MENDAPAT HATI DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT.

HAL INI TIDAK BOLEH TERJADI, “KARENA NILA SETITIK, MAKA RUSAK SUSU SEBELANGA”, UNTUK ITU SAYA PERINTAHKAN KEPADA SELURUH SATUAN JAJARAN TNI DAN SEGENAP PRAJURIT TNI, DIMANAPUN BERTUGAS DAN BERADA UNTUK BERJALAN DAN BEKERJA DI ATAS NORMA-NORMA KEPRAJURITAN, SERTA SENANTIASA MEMBANGUN KESETIAAN DALAM MENJAGA NAMA BAIK TNI YANG SUDAH DIRINTIS OLEH PARA PENDAHULU KITA.

MASIH DALAM RELEVANSI KESETIAAN, TNI MENYATAKAN KOMITMENNYA UNTUK MENDUKUNG KEBIJAKAN PEMERINTAH TERKAIT  PELAKSANAAN APBNP TAHUN 2012, BAIK DALAM HAL OPTIMALISASI PENDAPATAN NEGARA DAN PENINGKATAN EFISIENSI, MAUPUN MELAKUKAN LANGKAH PENGHEMATAN.

OLEH KARENA ITU, KEPADA SEGENAP SATUAN,  PRAJURIT DAN PNS TNI, SAYA MINTA UNTUK MENDUKUNG DAN MENYESUAIKAN  DENGAN KEBIJAKAN TERSEBUT, TERUTAMA DALAM HAL PENGHEMATAN ENERGI, BAIK ENERGI LISTRIK MAUPUN BAHAN BAKAR MINYAK, NAMUN TIDAK MENGGANGGU TUGAS OPERASIONAL SATUAN, SERTA HINDARI PENGGUNAAN  FASILITAS DINAS YANG TIDAK PADA TEMPATNYA.

PARA PESERTA UPACARA SEKALIAN,

TERKAIT DENGAN SUBSTANSI REFORMASI BIROKRASI, PADA AKHIR BULAN JUNI, KITA AKAN MENGAKHIRI PROGRAM KERJA  DAN ANGGARAN PERIODE SEMESTER I TAHUN 2012 DAN MENGAWALI SEMESTER II.

OLEH KARENA ITU, PADA KESEMPATAN INI SAYA TEKANKAN KEPADA SELURUH SATUAN DI JAJARAN TNI UNTUK SEGERA MENYELESAIKAN LAPORAN SERTA EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM DAN  ANGGARAN SEMESTER  PERTAMA SECARA BERTANGGUNG JAWAB, JUJUR, TRANSPARAN, AKUNTABEL DAN TEPAT WAKTU, GUNA MENGETAHUI DAN MEMAHAMI SEGALA KEMAJUAN DAN KENDALA YANG DIHADAPI DALAM PENCAPAIAN SASARAN PROGRAM DAN MENINGKATKAN KINERJA SATKER DI SEMESTER BERIKUTNYA.

HAL TERSEBUT SEBAGAI REALISASI DARI KOMITMEN TNI DALAM REFORMASI BIROKRASI, GUNA MENDUKUNG KEBIJAKAN PEMERINTAH MENUJU CLEAN GOVERNMENT DAN GOOD GOVERNANCE.  

DI SISI LAIN, LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM DAN ANGGARAN TAHUN 2012 YANG AKUNTABEL DAN TRANSPARAN, MERUPAKAN UPAYA KITA UNTUK MENGANGKAT OPINI WAJAR DENGAN PENGECUALIAN PADA TAHUN 2011, MENJADI WAJAR TANPA PENGECUALIAN” PADA TAHUN 2012. INI ADALAH UPAYA BESAR YANG MEMERLUKAN KESERIUSAN DAN DUKUNGAN SEGENAP SATUAN DAN PRAJURIT SERTA PNS TNI.

SEGENAP PRAJURIT DAN PNS TNI, YANG SAYA BANGGAKAN

GUNA MENYIKAPI SETIAP PERKEMBANGAN DAN MENYIAPKAN DIRI DALAM MENYAMBUT SETIAP EMBANAN TUGAS, SELAKU PANGLIMA TNI, SAYA TEKANKAN KEMBALI BEBERAPA HAL KEPADA SELURUH KOMANDAN SATUAN DAN SELURUH PRAJURIT SERTA PNS TNI BEBERAPA HAL SEBAGAI BERIKUT:

PERTAMA, TINGKATKAN KEIMANAN DAN KETAKWAAN KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA SEBAGAI IMPLEMENTASI DARI NILAI SILA KETUHANAN YANG MAHA ESA UNTUK DIJADIKAN LANDASAN MORAL DALAM MEMPERTANGGUNGJAWABKAN HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI PRAJURIT DAN PNS TNI.

  KEDUA, TINGKATKAN PROFESIONALITAS DAN PROPORSIONALITAS DALAM SETIAP PELAKSANAAN TUGAS SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN SEBAGAI WUJUD MENDUKUNG KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENGHEMATAN BELANJA APBNP 2012.

  KETIGA, LAKSANAKAN TERTIB ADMINISTRASI SESUAI PERATURAN YANG TELAH DITETAPKAN DAN TEGAKKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS DALAM SETIAP PEMBUATAN LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM DAN ANGGARAN, GUNA MENCAPAI PREDIKAT TERTIB ADMINISTRASI ”DAPAT DITERIMA TANPA PENGECUALIAN” PADA AUDIT BPK RI TAHUN 2012.

KEEMPAT, AKTUALISASIKAN MOTTO ”DISIPLIN ADALAH NAFASKU” DALAM KEHIDUPAN SETIAP PRAJURIT DAN PNS TNI, SEHINGGA DIMANAPUN PARA PRAJURIT DAN PNS TNI BERADA, AKAN SENANTIASA MENJADI KEBANGGAAN, TERHINDAR DARI PERILAKU MENYIMPANG DAN MENJADI CONTOH SERTA TAULADAN BAGI MASYARAKAT DI SEKITARNYA, BUKAN SEBALIKNYA.

KELIMA, AMALKAN SECARA NYATA NILAI-NILAI SETIAP BUTIR ”DELAPAN WAJIB TNI” DI TENGAH KEHIDUPAN MASYARAKAT YANG SEDANG MENGALAMI BANYAK COBAAN. TIDAK MENAKUTI DAN MENYAKITI HATI RAKYAT, HORMATI SETIAP NILAI ”KEARIFAN LOKAL”, DI MANAPUN KALIAN BERTUGAS DAN BERADA, DEMI SEMAKIN KUATNYA ”KEMANUNGGALAN TNI-RAKYAT DI ATAS SEMANGAT BHINEKA TUNGGAL IKA.

KEENAM, TINGKATKAN PEMBINAAN SATUAN DENGAN MENGEDEPANKAN “KEPEMIMPINAN LAPANGAN” DENGAN PENUH SIMPATI, KETELADANAN DAN PENGAYOMAN.  KEKANG SEGALA “NALURI PRIMITIF” YANG CENDERUNG NEGATIF DAN MERUSAK CITRA TNI, PRAJURIT SERTA PNS TNI.

PARA PERWIRA, BINTARA, TAMTAMA SERTA SEGENAP PNS TNI DIMANAPUN BERTUGAS,

SEBELUM MENGAKHIRI AMANAT INI, SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN KEPADA SEGENAP PRAJURIT DAN PNS TNI YANG TELAH MELAKSANAKAN TUGAS DENGAN BAIK DAN PENUH RASA TANGGUNG JAWAB. PERLU DICAMKAN BAHWA SETIAP TUGAS ADALAH KEMULIAAN YANG DAPAT MEMBERIKAN NILAI KUALITAS SPIRITUAL BAGI DIRI  DAN PENINGKATAN CITRA SERTA KEDEKATAN TNI DENGAN RAKYAT.   

AKHIRNYA, MARILAH KITA SENANTIASA  MEMANJATKAN DOA DAN MEMOHON KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, AGAR SENANTIASA DIBERIKAN PETUNJUK, BIMBINGAN DAN KEKUATAN, DALAM MELANJUTKAN TUGAS DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, TNI, BANGSA, DAN NEGARA YANG KITA CINTAI.

         

          SELAMAT BERTUGAS DAN BEKERJA

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

 

PANGLIMA TNI

 

 

 

Paraf:

 

1. Koorsahli           : vide draf

2. Kaset                :

3. Koorspri            :

 

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur
Jum`at, 30 November 2018
Kapolri Dan Panglima TNI Koordinasi Operasi Lilin Dan Perkembangan Kamtibmas 2018
Kamis, 29 November 2018
Panglima TNI Sebut Pengadaan Persenjataan Renstra 2015-2019 Sudah Sesuai