3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

PADA UPACARA BENDERA 17-AN TANGGAL 17 JULI 2012

Selasa, 17 Juli 2012 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 3461 kali

PARA PERWIRA, BINTARA DAN TAMTAMA, SERTA SEGENAP PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI, PESERTA UPACARA, DIMANAPUN SAUDARA BERADA DAN BERTUGAS,

SELAKU PRAJURIT SAPTA MARGA DAN INSAN HAMBA TUHAN YANG BERTAKWA, MARILAH KITA SENANTIASA MEMANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KEHADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA, ATAS SEGALA RIDHO DAN KARUNIA-NYA, SEHINGGA PAGI HARI INI, KITA DAPAT MELAKSANAKAN “UPACARA BENDERA 17-AN”, DI BULAN JULI TAHUN 2012, DALAM KEADAAN SEHAT WAL’AFIAT. 

KITA KETAHUI BERSAMA, BAHWA SAAT INI KITA BERADA PADA BULAN JULI ATAU BULAN PERTAMA TRIWULAN III ATAU SEMESTER II, TAHUN ANGGARAN 2012. ARTINYA, SAAT INI KITA TELAH PULA BERADA PADA “PARUH PERTAMA” PELAKSANAAN PROGRAM KERJA TNI TAHUN 2012.

UNTUK ITU ATAS NAMA KOMANDO, SAYA UCAPKAN “TERIMA KASIH” DAN “PENGHARGAAN”, KEPADA SELURUH PRAJURIT DAN PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI, ATAS SEGALA PELAKSANAAN TUGAS, SESUAI DENGAN FUNGSI DAN BIDANG MASING-MASING SELAMA SATU SEMESTER TERAKHIR INI.

PERLU KITA SADARI BERSAMA, BAHWA TUGAS TNI KE DEPAN AKAN SEMAKIN BERAT DAN SANGAT KOMPLEKS SEIRING DENGAN PERKEMBANGAN SITUASI GLOBAL DAN DINAMIKA LINGKUNGAN MASYARAKAT YANG SEMAKIN DINAMIS. 

         UNTUK ITU SAYA MENGHARAPKAN, AGAR KITA SEMUA MAMPU MENGOPTIMALKAN INOVASI DALAM SEGALA HAL DAN ETOS KERJA YANG TINGGI GUNA MENCAPAI OPTIMALISASI TUGAS POKOK SATUAN.

PARA PESERTA UPACARA SEKALIAN YANG SAYA CINTAI,      

BILA KITA MENCERMATI PERKEMBANGAN GLOBAL, BAHWA DUNIA PADA SAAT INI SEDANG MENGALAMI SITUASI YANG KURANG KONDUSIF, BAIK DARI ASPEK EKONOMI MAUPUN KEAMANAN. 

PEREKONOMIAN GLOBAL DIPREDIKSI BELUM PULIH DARI PENGARUH KRISIS EKONOMI DI AMERIKA SERIKAT DAN BEBERAPA NEGARA DI EROPA, SERTA KRISIS KEAMANAN DI TIMUR TENGAH, YANG MEMILIKI KECENDERUNGAN SEMAKIN MEMPERBURUK KONDISI EKONOMI GLOBAL, SEHINGGA TAHUN 2012 AKAN MENJADI TAHUN YANG SULIT DIMANA FAKTOR KETIDAKJELASAN EKONOMI DUNIA AKAN SEMAKIN TINGGI.

DI TENGAH ANCAMAN KRISIS GLOBAL TERSEBUT, PEREKONOMIAN INDONESIA MEMILIKI KONDISI YANG BAIK, KONDISI PEREKONOMIAN INDONESIA PADA TAHUN 2012 DIPROYEKSIKAN SOLID, DENGAN PERTUMBUHAN HINGGA 6,7 PERSEN.  NAMUN PERTUMBUHAN EKONOMI TERSEBUT BELUM CUKUP MENDORONG PERCEPATAN PEMBANGUNAN, YANG BERARTI JUGA BELUM CUKUP MENDORONG PERCEPATAN  PEMBANGUNAN DI SEKTOR  PERTAHANAN NEGARA.

INILAH SITUASI YANG MUNGKIN AKAN KITA HADAPI DI TAHUN 2012. OLEH KARENA ITU, SAYA MENGAJAK KITA SEMUA, AGAR BENAR-BENAR MAMPU MEMBACA SITUASI BERIKUT SEGALA KECENDERUNGAN PERKEMBANGANNYA, SEHINGGA KITA DAPAT MENINGKATKAN PEMIKIRAN PREDIKTIF, DAN LANGKAH ANTISIPATIF DALAM RANGKA MENETAPKAN SERTA MEMELIHARA SKALA PRIORITAS PEMBANGUNAN KEKUATAN TNI DIHADAPKAN KEPADA FLUKTUASI KONDISI EKONOMI DAN KEUANGAN NEGARA.

DI SISI LAIN, TUNTUTAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN NEGARA DI ERA REFORMASI, MENDORONG KITA UNTUK BEKERJA LEBIH CERMAT DAN HATI-HATI SESUAI AGENDA REFORMASI BIROKRASI TNI YANG MENJADI KOMITMEN BERSAMA, GUNA MENDUKUNG TERCIPTANYA GOOD GOVERNANCE DAN CLEAN GOVERNMENT YANG MENJADI POLICY PEMERINTAH.

PARA PESERTA UPACARA SEKALIAN YANG SAYA BANGGAKAN,  

MEMPERHATIKAN KECENDERUNGAN PERKEMBANGAN LINGKUNGAN STRATEGIS, SEPERTI YANG SAYA SAMPAIKAN DI ATAS, TNI SEBAGAI ALAT DAN KOMPONEN UTAMA PERTAHANAN NEGARA, SUDAH SEHARUSNYA KITA BERKONSENTRASI DAN BERINOVASI DALAM BERBAGAI UPAYA MEMBANGUN KESIAPSIAGAAN GUNA MENGHADAPI ANCAMAN NON MILITER SEBAGAI DAMPAK NEGATIF DARI KECENDERUNGAN PERKEMBANGAN LINGKUNGAN STRATEGIS.

ATAS DASAR PEMIKIRAN TERSEBUT, SEBAGAIMANA HASIL “RAPIM TNI” TAHUN 2012 YANG LALU, PIMPINAN TNI TELAH MENETAPKAN KEBIJAKAN “OPTIMALISASI PERAN TNI”, DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA.

PADA HEMAT SAYA, OPTIMALISASI” PERAN TNI MERUPAKAN WUJUD PARTISIPASI AKTIF DAN KONTRIBUSI NYATA TNI DALAM PROSES PEMBANGUNAN NASIONAL PADA KHUSUSNYA, SERTA KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA PADA UMUMNYA, YANG SAAT INI SEDANG DIDERA BERBAGAI TANTANGAN DAN COBAAN.

UNTUK ITU PERLU SAYA TEGASKAN, BAHWA OPTIMALISASI” PERAN TNI SAMA SEKALI BUKAN BENTUK “EKSPANSI” TNI SEPERTI DI MASA LALU, UNTUK “MENCAMPURI” ATAU “MENGAMBIL ALIH” PERAN DAN TUGAS POKOK INSTITUSI LAIN.

OPTIMALISASI PERAN TNI, SEMATA-MATA MERUPAKAN PANGGILAN MORAL DAN FUNGSIONAL TNI, DALAM RANGKA MENUNAIKAN “TUGAS KEMITRAAN” ATAU “TUGAS PERBANTUAN TNI KEPADA INSTITUSI ATAU LEMBAGA LAIN, SEPANJANG DIPERLUKAN, SESUAI DENGAN KEMAMPUAN DAN BATAS KEMAMPUAN TNI, SEPERTI SEKARANG YANG KITA LAKUKAN DALAM BENTUK TMMD  DAN  MANUNGGAL KB-KESEHATAN YANG BERLANGSUNG CUKUP EFEKTIF.    

PARA PERWIRA, BINTARA, DAN TAMTAMA, SERTA SEGENAP PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI YANG SAYA BANGGAKAN.      

BERKENAAN DENGAN MEMASUKI BULAN SUCI RAMADHAN, SELAKU PRIBADI DAN PANGLIMA TNI, SAYA UCAPKAN SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA  BAGI UMAT MUSLIM, DISERTAI HARAPAN SEMOGA IBADAH PUASA YANG KITA LAKSANAKAN DAPAT MENAMBAH KUALITAS KEIMANAN DAN KETAKWAAN KEPADA ALLAH SUBHANAHU WATA’ALA, SERTA MEMPERTEBAL SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DI LINGKUNGAN KITA.

SEBELUM MENUTUP AMANAT INI, SAYA SAMPAIKAN BEBERAPA “PENEKANAN AGAR DIPEDOMANI DAN DILAKSANAKAN OLEH SELURUH PRAJURIT DAN PNS TNI, SEBAGAI BERIKUT:

PERTAMA, TINGKATKAN TERUS KEIMANAN DAN KETAKWAAN KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, SEBAGAI LANDASAN MORAL DAN ETIKA DALAM MELAKSANAKAN TUGAS PENGABDIAN KEPADA BANGSA DAN NEGARA.

JAGA TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA AGAR TERCIPTA KERUKUNAN DAN SIKAP SALING MENGHORMATI, GUNA MEMANTAPKAN PERSATUAN DAN KESATUAN DI ATAS LANDASAN BHINNEKA TUNGGAL IKA. 

KEDUA, TINGKATKAN PROFESIONALITAS KEPRAJURITAN DENGAN CARA PENINGKATAN KAPASITAS, KAPABILITAS DAN KETERAMPILAN KEPRAJURITAN. PERHATIKAN FAKTOR KEAMANAN GUNA MENGHINDARI TERJADINYA KERUGIAN DAN KECELAKAAN YANG TIDAK PERLU DALAM PELAKSANAAN TUGAS, MELALUI TAHAPAN PERENCANAAN YANG MATANG DAN KOMPREHENSIF SERTA PENGAWASAN KETAT DALAM PELAKSANAANNYA.

KETIGA, PEGANG TEGUH DAN AMALKAN KOMITMEN “NETRALITAS TNI DALAM POLITIK PRAKTIS.  PELAJARI, PEDOMANI, DAN AMALKAN INSTRUKSI PANGLIMA TNI TAHUN 2008 TENTANG PEDOMAN NETRALITAS TNI DALAM PEMILU DAN PILKADA. 

KEEMPAT, JAGA DAN TINGKATKAN SOLIDITAS DAN SOLIDARITAS PRAJURIT, BAIK INTERNAL MAUPUN ANTAR ANGKATAN, SEBAGAI PONDASI TERWUJUDNYA PERSATUAN DI TINGKAT NASIONAL, TERUTAMA DALAM MENYIKAPI PERBEDAAN.

KELIMA, TINGKATKAN “OPTIMALISASI PERAN TNI” DI BIDANG “OMSP”, AGAR PEMBANGUNAN NASIONAL DI DAERAH DAPAT LEBIH DIPACU, LEBIH BERHASIL DAN BERDAYA GUNA DALAM RANGKA MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DAN KETAHANAN NASIONAL.

DEMIKIAN AMANAT PADA UPACARA 17-AN PAGI INI, KIRANYA TUHAN YANG MAHA ESA SENANTIASA MELIMPAHKAN BIMBINGAN, PETUNJUK DAN KEKUATAN KEPADA KITA SEKALIAN DALAM MELANJUTKAN TUGAS PENGABDIAN KEPADA BANGSA DAN NEGARA YANG SANGAT KITA CINTAI.

 

SELAMAT MELANJUTKAN TUGAS. SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

 

                                 PANGLIMA TNI

                                                                  AGUS SUHARTONO, S.E.

LAKSAMANA TNI

 

 

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur
Jum`at, 30 November 2018
Kapolri Dan Panglima TNI Koordinasi Operasi Lilin Dan Perkembangan Kamtibmas 2018
Kamis, 29 November 2018
Panglima TNI Sebut Pengadaan Persenjataan Renstra 2015-2019 Sudah Sesuai