3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

AMANAT PANGLIMA TNI PADA UPACARA BENDERA “17-AN” TANGGAL 17 DESEMBER 2012

Senin, 17 Desember 2012 15:54:04 - Oleh : admin - Dibaca : 3198 kali

 

­                PARA PERWIRA, BINTARA DAN TAMTAMA, SERTA SEGENAP PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN,

SEBAGAI PRAJURIT SAPTA MARGA DAN INSAN YANG BERAGAMA, MARILAH KITA SENANTIASA MEMANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KE HADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA, ATAS SEGALA LIMPAHAN RIDHO DAN KARUNIA-NYA, SEHINGGA PADA HARI INI, DI PENGHUJUNG TAHUN 2012, KITA DAPAT MELAKSANAKAN UPACARA BENDERA DALAM KEADAAN SEHAT WAL’AFIAT. BAGI PRAJURIT DAN PNS TNI, UPACARA BENDERA PADA SETIAP TANGGAL TUJUH BELAS, MEMILIKI MAKNA YANG SANGAT PENTING, WALAUPUN TELAH MENJADI AGENDA RUTIN BULANAN.

PERTAMA, SEBAGAI GENERASI PENERUS, KITA BERUPAYA TERUS-MENERUS MENJALIN KOMUNIKASI IMAJINER DAN MENGIKATKAN DIRI DENGAN ROMANTISME DAN HEROISME PERJUANGAN PARA GENERASI PENDAHULU, YANG TELAH MELAHIRKAN NKRI PADA 17 AGUSTUS 1945.

KEDUA, SEBAGAI SARANA KOMANDO UNTUK MENJALIN KOMUNIKASI ANTARA PIMPINAN DENGAN ANGGOTA DAN SATUAN DALAM JAJARAN TNI. DENGAN DEMIKIAN, SETIAP KEBIJAKAN ATAU INSTRUKSI, ARAHAN DAN INFORMASI AKAN MENGALIR DENGAN LANCAR, TEPAT WAKTU DAN TEPAT SASARAN.

PESERTA UPACARA YANG SAYA BANGGAKAN,

SAAT INI, KITA BERADA DI PENGHUJUNG TAHUN 2012 DAN AKAN MENYONGSONG TAHUN 2013, YANG ARTINYA KITA AKAN MEMPERTANGGUNGJAWABKAN SEMUA PROGRAM KERJA DAN ANGGARAN TAHUN 2012, DENGAN HARAPAN HASIL AUDIT BPK NANTINYA DAPAT MENCAPAI PREDIKAT WAJAR TANPA PENGECUALIAN (WTP). BULAN DESEMBER INI JUGA MERUPAKAN AWAL PERSIAPAN PELAKSANAAN PROGRAM KERJA DAN ANGGARAN TAHUN 2013 YANG DITANDAI DENGAN TELAH DISERAHKANNYA DIPA TAHUN 2013 OLEH PEMERINTAH.

UNTUK ITU, KEPADA SELURUH UNSUR PIMPINAN TNI BAIK DI LINGKUNGAN MABES TNI MAUPUN DI LINGKUNGAN ANGKATAN, SAYA TEKANKAN KIRANYA DAPAT MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK MEMBERIKAN ”PERTANGGUNGJAWABAN” ATAS PELAKSANAAN PROGRAM DAN ANGGARAN SESUAI DIPA 2012 SECARA TRANSPARAN DAN AKUNTABEL, SEKALIGUS MENYIAPKAN STRATEGI DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM KERJA DAN ANGGARAN TAHUN 2013 AGAR DAPAT BERJALAN SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN BAHKAN MENCAPAI OVER PRESTASI JIKA MEMUNGKINKAN.

PARA PESERTA UPACARA SEKALIAN,

KEBIJAKAN PEMBANGUNAN KEKUATAN DAN KEMAMPUAN TNI YANG DITUANGKAN DALAM PERENCANAAN STRATEGIS TNI MASIH TERFOKUS PADA MEWUJUDKAN KEKUATAN POKOK MINIMUM PERTAHANAN, DENGAN TITIK BERAT PADA MODERNISASI DAN MELENGKAPI ALUTSISTA YANG MENGUTAMAKAN PRODUKSI DALAM NEGERI, GUNA TERWUJUDNYA KEKUATAN PERTAHANAN NEGARA YANG CUKUP DAN LEBIH MEMADAI.

MAKNA DAN HAKEKAT DARI KEKUATAN “CUKUP”, ADALAH KEKUATAN YANG MAMPU MENGEMBAN TUGAS-TUGAS OPERASIONAL YANG SEDANG DAN AKAN DIEMBAN DI MASA DEPAN SERTA SETIAP SAAT DAPAT DIKEMBANGKAN BILA DIPERLUKAN, TIDAK BERLEBIHAN DI TENGAH KETERBATASAN ANGGARAN DAN TIDAK KETINGGALAN DI TENGAH KEMAJUAN TEHNOLOGI MILITER, SERTA MEMANCARKAN DETERRENCE EFFECT ATAU DAYA TANGKAL YANG TINGGI, SEHINGGA ”DISEGANI” OLEH KAWAN ATAU LAWAN.

NAMUN DEMIKIAN, ASPEK PEMBINAAN, PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN TERHADAP APA YANG TELAH KITA MILIKI, BAIK PERSONEL, ALKAP, ALUT MAUPUN ALUTSISTA HARUS TERUS DILAKSANAKAN DAN DITINGKATKAN SEBAGAI LANDASAN PACU YANG KOKOH SEBELUM ADANYA REALISASI PROGRAM 2013. HAL INI DIMAKSUDKAN UNTUK MENCAPAI USIA PAKAI YANG OPTIMAL DAN MENGHINDARI, SERTA MENEKAN TERJADINYA ”RESIKO”, BAIK BERUPA INCIDENT (KEJADIAN BAHAYA) ATAU ACCIDENT (KECELAKAAN), HINGGA PADA TINGKAT YANG SERENDAH-RENDAHNYA.

SADARI OLEH SETIAP PRAJURIT APAPUN TINGKATANNYA, TERUTAMA SETIAP PIMPINAN UNIT KERJA TNI, BAHWA SETIAP RESIKO YANG MENIMPA TNI, DAMPAKNYA AMAT LUAS. BUKAN HANYA MERUGIKAN PRAJURIT DAN MATERIIL YANG DIGUNAKAN, MELAINKAN LANGSUNG ATAU TIDAK LANGSUNG AKAN MEMPENGARUHI BAHKAN MENGURANGI KESIAPAN OPERASIONAL SATUAN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS.

UNTUK ITU, SELAKU PANGLIMA TNI, SAYA TEKANKAN KEMBALI KEPADA SELURUH KOMANDAN SATUAN DAN SELURUH PRAJURIT TNI, SERTA PNS TNI DI MANAPUN SEDANG BERTUGAS DAN BERADA, UNTUK :

PERTAMA, TINGKATKAN KEIMANAN DAN KETAKWAAN KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, SEBAGAI WUJUD AMALIAH NYATA DARI SAPTA MARGA DAN SUMPAH PRAJURIT, SEKALIGUS LANDASAN MORAL, DAN ETIKA DALAM PELAKSANAAN TUGAS.

KEDUA, TINGKATKAN WAWASAN SERTA ILMU PENGETAHUAN DAN TEHNOLOGI GUNA MEMBANGUN KAPASITAS DIRI DAN KETERAMPILAN KEPRAJURITAN DALAM RANGKA MEMBANGUN KAPABILITAS TNI DALAM RANGKA MENDUKUNG PEMBANGUNAN KEKUATAN POKOK MINIMUM TNI YANG SOLID DAN PROFESIONAL.

KETIGA, SENANTIASA MEMELIHARA DAN MENINGKATKAN KEWASPADAAN, AGAR TIDAK TERJEBAK DALAM PENGARUH NEGATIF DAN TIDAK BERSIKAP REAKTIF BUTA YANG MERUGIKAN DIRI MAUPUN INSTITUSI ATAU ORGANISASI TNI.

KEEMPAT, TINGKATKAN DISIPLIN PRIBADI SEBAGAI BASIS TERWUJUDNYA DISIPLIN SATUAN DAN DISIPLIN MASYARAKAT. SELAKU PRAJURIT TNI, JANGAN PERNAH BERHENTI DARI TEKAD DAN SEMANGAT UNTUK MENJADI CONTOH DAN TELADAN BAGI MASYARAKAT DI SEKITAR KALIAN. PERKOKOH KEMANUNGGALAN TNI-RAKYAT, SEBAGAI LANDASAN BAGI TERWUJUDNYA SOLIDITAS DAN SOLIDARITAS SOSIAL, SERTA TERWUJUDNYA PERSATUAN DAN KESATUAN NASIONAL.

KELIMA, JAGA DAN PEGANG TEGUH KOMITMEN NETRALITAS POLITIK TNI, SEBAGAI SALAH SATU BUKTI KONGKRIT DARI HASIL REFORMASI INTERNAL TNI. SETIAP PRAJURIT TNI, APAPUN PANGKAT DAN JABATANNYA, SAYA INGATKAN JANGAN SEKALI-KALI MENCEDERAI DAN MENYALAHGUNAKAN KOMITMEN NETRALITAS INI, UNTUK KEPENTINGAN DIRI ATAU KELOMPOK TERTENTU.

KEENAM, TINGKATKAN TERUS SOLIDITAS DAN SOLIDARITAS SATUAN, SERTA DISIPLIN, DEDIKASI DAN LOYALITAS PRAJURIT, DEMI SEMAKIN KOKOHNYA INTEGRASI TNI, DEMI SUKSESNYA EMBANAN PERAN DAN TUGAS POKOK TNI.

KETUJUH, KURANGI DAN SEDERHANAKAN KEGIATAN YANG BERSIFAT SEREMONIAL DAN KUNJUNGAN KERJA, GUNA MENCEGAH TERJADINYA PEMBOROSAN DALAM RANGKA EFISIENSI ANGGARAN DI JAJARAN TNI.

PARA PERWIRA, BINTARA, TAMTAMA SERTA SEGENAP PEGAWAI NEGERI SIPIL YANG SAYA BANGGAKAN.

SEBELUM MENGAKHIRI AMANAT INI, SECARA KHUSUS SAYA UCAPKAN SELAMAT MENYAMBUT HARI NATAL BAGI KELUARGA BESAR TNI YANG BERAGAMA NASRANI, DAN SELAMAT MENYAMBUT TAHUN BARU 2013 KEPADA SELURUH PRAJURIT DAN PNS TNI DIMANAPUN SAUDARA BERADA DAN BERTUGAS, SEMOGA DI TAHUN 2013 MEMBAWA KEBAHAGIAAN BAGI KITA SEKALIAN.

AKHIRNYA SAYA JUGA UCAPKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN KEPADA SELURUH PRAJURIT YANG TELAH MELAKSANAKAN TUGAS DENGAN BAIK SERTA PENUH RASA TANGGUNG JAWAB, KHUSUSNYA KEPADA PARA PRAJURIT YANG SEDANG BERTUGAS DI DAERAH PERBATASAN DAN PULAU-PULAU TERDEPAN YANG TENTUNYA TIDAK DAPAT MERAYAKAN HARI NATAL DAN MENYAMBUT TAHUN BARU BERSAMA KELUARGA MASING-MASING.

SEMOGA TUHAN YANG MAHA PENGASIH DAN PENYAYANG, SENANTIASA MEMBERIKAN PETUNJUK DAN BIMBINGAN-NYA KEPADA KITA SEKALIAN, DALAM MELANJUTKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, BANGSA, DAN NEGARA.

 

SELAMAT BERTUGAS,

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

 

 

 

PANGLIMA TNI,

 

AGUS SUHARTONO, S.E.

LAKSAMANA TNI

 

 

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan
Rabu, 15 Mei 2019
Panglima TNI dan Kapolri Melakukan Kunjungan Kerja Safari Ramadhan di Wilayah Kodam III/Siliwangi
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur