3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

AMANAT PANGLIMA TNI PADA UPACARA PENUTUPAN LATIHAN GABUNGAN TNI DERMAGA UJUNG SURABAYA, 24 MEI 2013

Jum`at, 24 Mei 2013 15:24:35 - Oleh : admin - Dibaca : 5135 kali

PARA KEPALA STAF ANGKATAN, YANG SAYA HORMATI,

PARA PRAJURIT SEKALIAN, YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN,

TIADA HENTI UNGKAPAN PUJI DAN SYUKUR KITA PANJATKAN KE HADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA, ATAS SEGALA RAHMAT DAN KARUNIA-NYA, SEHINGGA MENGANTARKAN KITA SEMUA PADA "UPACARA PENUTUPAN LATIHAN GABUNGAN TNI TAHUN 2013", DALAM KEADAAN SEHAT WAL'AFIAT.

PARA PRAJURIT SEKALIAN, YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN,

KEBUTUHAN PALING HAKIKI DARI SEBUAH NEGARA ADALAH EKSISTENSI, YANG HARUS DIPERJUANGKAN DAN DIPERTAHANKAN SEHINGGA MENJADI PIJAKAN BAGI SUATU BANGSA DALAM MEMPERJUANGKAN KEPENTINGAN NASIONALNYA. PADA KONTEKS KEPENTINGAN MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI ITULAH, MAKA LATIHAN GABUNGAN TNI TAHUN 2013 KITA LAKSANAKAN SELAMA LEBIH KURANG 40 HARI DAN KITA TUTUP PADA HARI INI.

MENCERMATI PARADIGMA MILITERISTIK, KITA PAHAMI BAHWA KEAMANAN NEGARA PADA DASARNYA DIPANDANG SEBAGAI KEADAAN DIMANA RAKYAT INDONESIA SECARA PENUH HARUS DILINDUNGI PADA SETIAP ASPEK KEHIDUPAN, TERMASUK EKONOMI DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA NASIONAL DALAM RANGKA MENCIPTAKAN KESEJAHTERAAN BANGSA.

DALAM KAITAN TERSEBUT, USAHA PERTAHANAN NEGARA HARUS PULA DIARAHKAN UNTUK MENCIPTAKAN SITUASI AMAN DAN KONDUSIF BAGI KEBERLANGSUNGAN PEMBANGUNAN NASIONAL ITU SENDIRI.

DENGAN DEMIKIAN, PERSOALAN PERTAHANAN KEAMANAN BUKANLAH KONSEP YANG MUTUALLY EXCLUSIVE, YANG DAPAT DIPISAHKAN SECARA HITAM-PUTIH, NAMUN MERUPAKAN KESATUAN USAHA DARI SEGENAP KOMPONEN BANGSA UNTUK MEMBANGUN KEKUATAN TNI, DAN KEKUATAN PERTAHANAN, SERTA KETAHANAN NASIONAL, DIHADAPKAN KEPADA TANTANGAN DAN ANCAMAN YANG BERGULIR SEIRING PERKEMBANGAN LINGKUNGAN STRATEGIS.

GELAR KEKUATAN DAN KEMAMPUAN TNI YANG TELAH KITA LATIHKAN INI MERUPAKAN SALAH SATU NATIONAL POWER, YANG DITUJUKAN GUNA MENJAMIN KEBERLANGSUNGAN HIDUP BANGSA INDONESIA DI TENGAH PERSAINGAN GLOBAL YANG KETAT DAN KOMPETITIF. SECARA EKSTRIM DAPAT DIKATAKAN, TANPA NATIONAL POWER ADALAH HAMPIR MUSTAHIL BAGI SEBUAH NEGARA DAPAT MEWUJUDKAN KEPENTINGAN NASIONALNYA.

TERLEBIH, DALAM KONTEKS HUBUNGAN INTERNASIONAL, NATIONAL POWER MENJADI SUATU HAL YANG KEMUDIAN SIFATNYA SANGAT ESENSIAL, KARENA NATIONAL POWER TIDAK DAPAT DIPISAHKAN DENGAN KEPENTINGAN NASIONAL, DAN SELAMANYA AKAN MENJADI MODAL POKOK BAGI NEGARA AGAR DAPAT MENJADI PEMERAN UTAMA DI DALAM HUBUNGAN INTERNASIONAL, KHUSUSNYA DALAM PENERAPAN SOFT POWER DIPLOMACY.

PARA PRAJURIT SEKALIAN, YANG SAYA BANGGAKAN,

ATAS SUKSESNYA PENYELENGGARAAN LATIHAN GABUNGAN TNI TAHUN 2013, SELAKU PIMPINAN TNI, SAYA MENYAMPAIKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN YANG TINGGI KEPADA SELURUH UNSUR DAN PARA PRAJURIT SEKALIAN YANG TERLIBAT DALAM LATGAB TNI TAHUN 2013 INI.

DEDIKASI, SEMANGAT DAN LOYALITAS YANG PARA PRAJURIT TUNJUKKAN DI DALAM LATIHAN INI ADALAH SUATU BENTUK PENGABDIAN BAGI KEPENTINGAN NASIONAL, SEKALIGUS PERTANGGUNGJAWABAN TNI KEPADA BANGSA DAN NEGARA YANG TELAH MEMBERIKAN PERHATIAN BAGI KEMAJUAN TNI.

SELANJUTNYA, LAKUKAN KONSOLIDASI SECARA CERMAT DAN LAKSANAKAN PERGESERAN PASUKAN DENGAN TETAP MEMPERHATIKAN FAKTOR KEAMANAN. KEMUDIAN, LAKSANAKAN EVALUASI SECARA RINCI, KRITIS DAN TAJAM, GUNA MENDAPATKAN PERSPEKTIF YANG LEBIH LUAS, BAGI KEPENTINGAN PENYEMPURNAAN DOKTRIN, STRATEGI, TAKTIK, TEKNIK DAN PROSEDUR, SERTA BAGI KEPENTINGAN ELABORASI ASPEK-ASPEK PSIKOLOGIS, PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN, KHUSUSNYA YANG TERKAIT DENGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN INTEROPERABILITY.

DEMIKIAN AMANAT SAYA PADA KESEMPATAN UPACARA PENUTUPAN LATIHAN GABUNGAN TNI 2013. SEMOGA TUHAN YANG MAHA ESA, SENANTIASA MELIMPAHKAN BIMBINGAN, PETUNJUK DAN KEKUATAN KEPADA KITA SEMUA DALAM MELANJUTKAN TUGAS DAN PENGABDIAN KEPADA TNI, BANGSA DAN NEGARA YANG KITA CINTAI BERSAMA.

SELAMAT MELANJUTKAN TUGAS,

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

 

                                                                          PANGLIMA TNI,

 

                                                                      AGUS SUHARTONO, S.E.

                                                                          LAKSAMANA TNI

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur
Jum`at, 30 November 2018
Kapolri Dan Panglima TNI Koordinasi Operasi Lilin Dan Perkembangan Kamtibmas 2018
Kamis, 29 November 2018
Panglima TNI Sebut Pengadaan Persenjataan Renstra 2015-2019 Sudah Sesuai