3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

AMANAT PANGLIMA TNI UPACARA PENGIBARAN BENDERA 17-AN TANGGAL, 17 JULI 2013

Rabu, 17 Juli 2013 13:37:57 - Oleh : admin - Dibaca : 3390 kali

PARA PERWIRA, BINTARA DAN TAMTAMA, SERTA SEGENAP PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI, YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN, DIMANAPUN SAUDARA BERADA DAN BERTUGAS.

MENGAWALI AMANAT INI, SAYA MENGAJAK KITA SEMUA UNTUK SENANTIASA MEMANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KE HADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA, ATAS SEGALA LIMPAHAN RAHMAT DAN KARUNIA-NYA, SEHINGGA KITA DAPAT MELAKSANAKAN "UPACARA PENGIBARAN BENDERA" DI BULAN JULI TAHUN 2013, DALAM KEADAAN SEHAT WAL'AFIAT.

MASIH DALAM SUASANA AWAL BULAN SUCI RAMADHAN, SELAKU PRIBADI DAN PANGLIMA TNI, SAYA MENGUCAPKAN "SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH RAMADHAN 1434 H" KEPADA SEGENAP PRAJURIT DAN PNS TNI YANG MELAKSANAKANNYA, SEMOGA KEIKHLASAN DAN KETEGUHAN DALAM BERIBADAH DI BULAN SUCI INI SEMAKIN MENJIWAI PENGABDIAN KITA KEPADA BANGSA DAN NEGARA.

PARA PRAJURIT DAN PNS TNI SEKALIAN, YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN,

NEGARA KITA SAAT INI MEMILIKI CITRA DAN POSISI YANG BERBEDA DALAM PERCATURAN INTERNASIONAL DIBANDINGKAN DENGAN BEBERAPA DEKADE TERAKHIR. KITA TELAH MAMPU MENANGGALKAN CITRA KETERPURUKAN, CITRA INSTABILITAS, DAN CITRA KONFLIK YANG DULU PERNAH MEMBARA DI MANA-MANA.

TENTUNYA KITA PATUT BERSYUKUR ATAS PENCAPAIAN TERSEBUT KARENA PEMBANGUNAN NASIONAL MENUNJUKKAN HASIL YANG POSITIF DAN MENUJU KE ARAH YANG KITA HARAPKAN. KEMAJUAN PEMBANGUNAN EKONOMI TELAH MENDORONG TERWUJUDNYA HARAPAN BESAR TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN RAKYAT SEHINGGA MENJADI LEBIH BAIK DIBANDINGKAN TAHUN SEBELUMNYA.

NAMUN DEMIKIAN, SEBAGAI KOMPONEN UTAMA PERTAHANAN DAN KEAMANAN NEGARA, TNI MASIH HARUS DIHADAPKAN KEPADA TANTANGAN YANG TIDAK RINGAN DAN SEMAKIN KOMPLEKS, KHUSUSNYA DI KAWASAN ASIA TIMUR DAN ASIA TENGGARA, SEBAGAI AKIBAT ADANYA POTENSI KONFLIK YANG DISEBABKAN OLEH BENTURAN KEPENTINGAN ATAUPUN RIVALITAS ANTARA KEKUATAN-KEKUATAN BESAR DI KAWASAN TERSEBUT.

GEO-POLITIK, GEO-EKONOMI DAN ARSITEKTUR KAWASAN JUGA TERUS BERUBAH DAN BERKEMBANG DARI MASA KE MASA, YANG TIDAK JARANG BERPENGARUH KEPADA GEO-POLITIK DAN GEO-EKONOMI, SERTA KONDISI SOSIAL NASIONAL.

UNTUK ITU, KEPADA SELURUH PRAJURIT TNI DIMANAPUN BERTUGAS DAN BERADA, AGAR SENANTIASA MENCERMATI PERKEMBANGAN SITUASI KEAMANAN REGIONAL DAN NASIONAL, SERTA PERKEMBANGAN PEMBANGUNAN DI DAERAH MASING-MASING, DENGAN TERUS MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN OPERASIONAL SATUAN, GUNA MENGANTISIPASI SETIAP PERKEMBANGAN YANG DAPAT MENGGANGGU PROSES PEMBANGUNAN.

DENGAN DEMIKIAN IMPLEMENTASI TNI DALAM MEWUJUDKAN TUGAS-TUGAS YANG DIEMBANKAN NEGARA, DAPAT TERLIHAT DARI KEIKUTSERTAAN MENGISI PEMBANGUNAN NASIONAL DENGAN MENGEDEPANKAN CARA PANDANG BAHWA, PERTAMA, APAPUN YANG DILAKUKAN TNI SENANTIASA DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN INSTITUSI FUNGSIONAL, KEDUA, TNI MERUPAKAN BAGIAN DARI SISTEM NASIONAL, KETIGA, APAPUN YANG DILAKUKAN TNI SENANTIASA DILAKUKAN BERSAMA KOMPONEN BANGSA LAINNYA, DAN TNI TIDAK BERPRETENSI UNTUK DAPAT MENYELESAIKAN SEMUA PERMASALAHAN BANGSA SECARA BERDIRI SENDIRI, KEEMPAT, SEGENAP PERAN DAN TUGAS TNI DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA DILAKUKAN ATAS KESEPAKATAN BANGSA DENGAN PENGATURAN SECARA KONSTITUSIONAL.

TERKAIT BENCANA KEBAKARAN HUTAN, YANG BARU-BARU INI TERJADI, TNI TELAH TERLIBAT DALAM SATUAN TUGAS PEMADAMAN, DENGAN 1.526 PRAJURIT, 28 SORTIE PENERBANGAN PESAWAT MILITER C-130 DAN C-235, SERTA BERBAGAI PERALATAN PEMADAMAN YANG DIBAWA.

UNTUK ITU, SELAKU PIMPINAN TNI, SAYA MENGUCAPKAN TERIMAKASIH DAN PENGHARGAAN ATAS KESUNGGUHAN PELAKSANAAN TUGAS TERSEBUT. SEMUA ITU KITA LAKUKAN, KARENA TANGGUNG JAWAB KITA, TANGGUNG JAWAB UNTUK RAKYAT KITA SENDIRI DAN JUGA NEGARA TETANGGA SEKITAR KITA.

LEBIH LANJUT, SAYA INSTRUKSIKAN KEPADA SELURUH JAJARAN SATUAN TNI, TERMASUK JAJARAN KOMANDO KEWILAYAHAN UNTUK MENYUSUN DAN MELAKSANAKAN PEMUTAKHIRAN RENCANA TINDAKAN KONTINJENSI (CONTINGENCY PLAN), RENCANA TANGGAP DARURAT (EMERGENCY RESPONSE PLAN) DAN RENCANA PEMULIHAN (RECOVERY PLAN) SERTA RENCANA LATIHAN DAN PROSEDUR PENGENDALIAN HUTAN DAN LAHAN.

HAL INI SEBAGAIMANA INSTRUKSI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 16 TAHUN 2011 TENTANG PENINGKATAN PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN, KHUSUSNYA DAERAH RAWAN YANG MENJADI PERHATIAN KEMUNGKINAN KEBAKARAN HUTAN DI WILAYAH SUMATERA UTARA, JAMBI, RIAU, SUMATERA SELATAN, KALIMANTAN BARAT, KALIMANTAN TENGAH, MAUPUN KALIMANTAN TIMUR, UNTUK SENANTIASA BERSIAGA DAN MELAKUKAN LANGKAH-LANGKAH AWAL DALAM MENCEGAH DAN MENGURANGI KASUS-KASUS KEBAKARAN LADANG DAN BENCANA ASAP, YANG DIKERJASAMAKAN DAN KOORDINASIKAN DENGAN PEMERINTAH DAERAH DAN KOMPONEN MASYARAKAT LAINNYA DALAM KONTEKS TUGAS PERBANTUAN KEPADA PEMERINTAH DAERAH.

PARA PESERTA UPACARA SEKALIAN, YANG SAYA CINTAI,

DALAM MENYIKAPI DINAMIKA PERKEMBANGAN SITUASI KEAMANAN NASIONAL PADA KONDISI TERTIB SIPIL, DALAM KAITAN PENANGANAN KONFLIK SOSIAL, TUGAS PERBANTUAN TNI KEPADA POLRI, TELAH DIATUR SESUAI DENGAN PERATURAN DAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU. GUNAKAN INPRES NOMOR 2 TAHUN 2013 TENTANG PENANGGULANGAN GANGGUAN KEAMANAN DALAM NEGERI SEBAGAI LANDASAN MENYUSUN RENCANA AKSI MULAI DARI PENCEGAHAN HINGGA PEMULIHAN PASCA KONFLIK.

SINKRONKAN DENGAN KESEPAKATAN BERSAMA-MOU TNI-POLRI TAHUN 2013 TENTANG PERBANTUAN TNI KEPADA POLRI DALAM RANGKA MEMELIHARA KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT, SEKALIGUS SEBAGAI RUJUKAN MEMBANGUN SINERGITAS TNI-POLRI DALAM PENANGANAN KONFLIK SOSIAL, SEHINGGA TIDAK ADA KERAGUAN YANG MENGHAMBAT DALAM PELAKSANAAN TUGAS, BAIK TEKNIS MAUPUN PROSEDURAL.

KEMUDIAN GUNAKAN "JUKLAK" OPERASI TNI YANG TERTUANG DALAM SURAT KEPUTUSAN PANGLIMA TNI TAHUN 2012 TENTANG BANTUAN TNI KEPADA POLRI, SEBAGAI DASAR PELAKSANAAN TUGAS DI SATUAN MASING-MASING.

PARA PRAJURIT DAN PNS TNI SEKALIAN, YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGKAN,

MENGAKHIRI AMANAT INI, GUNA OPTIMALISASI PELAKSANAAN TUGAS-TUGAS KE DEPAN, SAYA INGIN MENYAMPAIKAN BEBERAPA ATENSI DAN HARAPAN UNTUK DIJADIKAN PEDOMAN DALAM SETIAP PELAKSANAAN TUGAS, SEBAGAI BERIKUT:

PERTAMA, TINGKATKAN KEIMANAN DAN KETAKWAAN KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, UNTUK DIJADIKAN LANDASAN MORAL DAN ETIKA DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DAN PENGABDIAN, SEBAGAI LANDASAN SPIRITUAL AGAR TIDAK TERJERUMUS PADA TINDAKAN PRIMITIF PENYALAHGUNAAN NARKOBA, DAN/ATAU TINDAKAN LAIN YANG MERUGIKAN DIRI, SATUAN MASYARAKAT, BANGSA DAN NEGARA.

KEDUA, PEGANG TEGUH SERTA AMALKAN KOMITMEN NETRALITAS TNI DALAM POLITIK PRAKTIS. PELAJARI, PEDOMANI DAN LAKSANAKAN INSTRUKSI PANGLIMA TNI TAHUN 2008 TENTANG PEDOMAN NETRALITAS TNI DALAM PEMILU DAN PILKADA.

KETIGA, BAGI PARA KOMANDAN SATUAN TINGKATKAN PEMBINAAN SATUAN DENGAN MENGEDEPANKAN KEPEMIMPINAN LAPANGAN YANG PENUH SIMPATI DAN KETELADANAN DENGAN SENANTIASA HADIR DI TENGAH-TENGAH ANGGOTA DAN LINGKUNGAN SATUAN.

KEEMPAT, BANGUN KOMUNIKASI DAN KERJASAMA DENGAN PEMERINTAH DAERAH, POLRI DAN KOMPONEN MASYARAKAT LAINNYA PADA SETIAP PELAKSANAAN TUGAS, GUNA MEWUJUDKAN DAERAH SERTA MASYARAKAT YANG AMAN DAN SEJAHTERA.

KELIMA, CERMATI DAN SIKAPI SETIAP PERKEMBANGAN LINGKUNGAN YANG TERJADI DI SEKITARNYA DENGAN ARIF DAN HATI-HATI, KHUSUSNYA YANG BERKAITAN DENGAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DAN ADAT ISTIADAT SETEMPAT AGAR TERHINDAR DARI MISPERSEPSI MAUPUN SALAH DALAM MEMBERIKAN KOMENTAR SEHINGGA KONTRA PRODUKTIF DENGAN TUJUAN SEMULA.

DEMIKIAN AMANAT SAYA PADA UPACARA BENDERA KALI INI, KIRANYA TUHAN YANG MAHA ESA SENANTIASA MELIMPAHKAN BIMBINGAN, PETUNJUK DAN KEKUATAN KEPADA KITA SEKALIAN DALAM MELANJUTKAN TUGAS, SERTA PENGABDIAN KEPADA MASYRAKAT, BANGSA DAN NEGARA, YANG AMAT KITA CINTAI BERSAMA.

SELAMAT MELANJUTKAN TUGAS,

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

 

PANGLIMA TNI,

 

 

AGUS SUHARTONO, S.E.

LAKSAMANA TNI

 

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Sabtu, 17 Agustus 2019
SIARAN TNI DI RRI PROGRAM 4 TANGGAL 17 AGUSTUS 2019
Jum`at, 16 Agustus 2019
TNI POLRI PILAR NKRI
Kamis, 8 Agustus 2019
Baleho HUT ke-74 RI
Kamis, 18 Juli 2019
LOGO, DAN BANNER HUT TNI KE-74
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan
Rabu, 15 Mei 2019
Panglima TNI dan Kapolri Melakukan Kunjungan Kerja Safari Ramadhan di Wilayah Kodam III/Siliwangi