c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

BRANJANGAN SIAP ‘TERBANG’ KE BUMI CENDRAWASIH

Senin, 19 November 2007 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 2737 kali

PENDAM V (19/11) - Batalyon Infanteri 516/CY dengan semboyan “Sikap Tegas  Bijaksana Cermin Ksatria Branjangan“ merupakan salah satu Batalyon kebanggaan Kodam V/Brawijaya yang siap ditugaskan di mana dan kapan saja serta memiliki prajurit-prajurit yang dapat diandalkan.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan pengalaman-pengalaman tugas satuan yang dipimpin Letkol Inf Hery Setiyono ini, baik operasi perang maupun operasi selain perang antara lain Operasi Pemulihan Keamanan (Opslihkam) daerah rawan Aceh, Operasi Pemulihan Keamanan (Opslihkam)  daerah rawan Ambon, Operasi Pengamanan Terbatas (Ops Pamtas) Atambua sampai dengan operasi penanggulangan bencana lumpur Lapindo.

Semua tugas-tugas ini dilaksanakan secara ikhlas oleh prajurit Yonif 516/CY disertai dengan  penuh rasa kebanggaan dan kesadaran bahwa sebagai prajurit, mempertahankan keutuhan negara dan bangsa merupakan suatu kehormatan yang tiada bandingnya.

Pada kesempatan kali ini, Kodam V/Brawijaya kembali mempercayakan satuan Yonif 516/CY yang berada di bawah kendali Korem 084/BJ untuk melaksanakan tugas operasi Pengamanan Terbatas Republik Indonesia – Papua Nugini.

Tugas tersebut berdasarkan STR Pangdam V/Brawijaya No : STR /93/ 2007 dan STR Danrem 084/BJ  No : STR /42/ 2007 tentang Perintah untuk menyiapkan Satgas Pamtas Papua TA. 2007.

Adapun tugas pokok  satuan ini nantinya adalah mencegah bergesernya patok batas Meredian Monument (MM), Mencegah kegiatan illegal, mencari dan melumpuhkan, serta mengatasi aksi penyerangan Gerakan Separatis. 

Bagi Prajurit Yonif 516/CY kepercayaan ini bukanlah merupakan suatu kebetulan belaka tetapi lebih daripada itu merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan yang tak terhingga karena merupakan hasil dari pembinaan satuan yang berkesinambungan khususnya disaat-saat sekarang ini dimana akan jarang ditemui satuan yang melaksanakan tugas operasi.

Penyiapan Satgas Pamtas Yonif 516/CY dimulai dengan proses rekruitmen personel sampai dengan seleksi yang meliputi  tes psikologi, pemeriksaan kesehatan (tes HIV/AIDS, penyakit dalam, kesehatan fisik, vaksinasi hepatitis), pemeriksaan kesehatan jiwa, kesamaptaan jasmani.

Dari hasil tes dan pemeriksaan ini maka jumlah personel yang akan melaksanakan tugas operasi Pamtas sejumlah 650 orang sudah dapat terpenuhi. Adapun rinciannya adalah 29 orang Perwira, 125 orang Bintara, serta 496 orang Tamtama yang secara kualitatif sebanyak 87 % sudah pernah melaksanakan tugas operasi.

Setelah proses rekruitmen personel selesai, selanjutnya para prajurit Satgas Yonif 516/CY dibekali dengan latihan-latihan pratugas yang dimulai dengan latihan pratugas tahap I bertempat di Mako Yonif 516/CY.

Latihan ini berisikan materi pembekalan antara lain  antropologi/sosiologi, Hukum Humaniter/Ham, Situasi terakhir daerah operasi, Kepemimpinan lapangan dll, Materi Teritorial, Materi Intelijen, Materi teknik dan taktik bertempur. Semua ini telah dilaksanakan dengan hasil memahami dan mampu melaksanakan.

Setelah itu dilanjutkan dengan latihan Pratugas Tahap II dan III bertempat di daerah latihan Sumber Manjing Wetan kabupaten Malang yang diselenggarakan oleh Rindam V/Brawijaya dan dibuka oleh Pangdam V/Brawijaya pada tanggal 22 Agustus 2007 serta ditutup oleh Kasdam V/Brawijaya pada tanggal 11 September 2007.

Dalam latihan ini para prajurit Yonif 516/CY dibekali dengan materi pembekalan, aplikasi materi teritorial, intelijen serta materi teknik dan taktik bertempur yang dimulai dari drill teknis, taktis sampai kepada pelaksanaan gladi lapang.

Hasil yang dicapai dalam latihan pratugas tahap II dan III ini cukup memuaskan seperti amanat Pangdam V/Brawijaya yang dibacakan oleh Kasdam V/Brawijaya pada upacara penutupan latihan pratugas tahap II dan III Satgas Yonif 516/CY.

Dengan demikian Satgas Yonif 516/CY dengan simbol burung Branjangan siap terbang menembus pedalaman bumi Cendrawasih menggapai asa demi tegaknya Merah Putih  di bumi nusantara tercinta.

Demikian tulisan ini dibuat atas nama seluruh prajurit Yonif 516/CY, Letkol Inf Hery Setiyono selaku Komandan Batalyon  menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pejabat teras Kodam V/Brawijaya, khususnya Bapak Pangdam V/Brawijaya atas kepercayaannya terhadap satuan ini untuk melaksanakan tugas operasi Pamtas Papua.

Penghargaan juga disampaikan atas kepedulian yang luar biasa dari Pangdam V/Brawijaya yang menyempatkan diri meninjau pelaksanaan latihan pratugas Satgas Yonif 516/CY di daerah latihan Sumber Manjing Wetan. Hal tersebut telah membangkitkan motivasi dan semangat kami untuk tampil menjadi yang terbaik dan semoga Tuhan Yang Maha Esa merestuinya.

Semoga kepercayaan dan kehormatan ini tidak kami sia-siakan dan burung Branjangan pun terbang dalam naungan “BHIRAWA ANORAGA” serta di dadanya tertulis “NKRI HARGA MATI”.

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa
Jum`at, 25 November 2022
Panglima TNI Tinjau Lokasi Gempa Cianjur Kirim Bantuan dan Bawa 8 Ribu Paket Makanan
Selasa, 8 November 2022
Panglima TNI cek alutsista pengamanan KTT G20