3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

SESKO TNI MEMILIKI PERAN YANG PENTING DAN STRATEGIS

Senin, 3 Maret 2008 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 582 kali

SESKO TNI MEMILIKI PERAN YANG PENTING DAN STRATEGIS

            PUSPEN TNI (3/3) - Sekolah Staf dan Komando  (Sesko) TNI memiliki peran yang sangat  penting dan  strategis bagi kepentingan TNI dalam membentuk Perwira-Perwira TNI yang profesional, berbasis pada jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang dan Tentara Nasional serta memiliki jiwa militansi, pantang menyerah dan senantiasa bersatu dengan  rakyat.

            Demikian amanat Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso, pada upacara serah terima jabatan Komandan Sekolah Staf dan Komando (Dansesko) TNI  dari Laksamana Madya TNI Tedjo Edhy Purdijatno, S.H.  kepada Marsekal Madya TNI Ida Bagus Sanubari, S.E. di Sesko TNI, Bandung, Jumat (29/2).   Selanjutnya Laksdya TNI Tedjo Edhy Purdijatno  menjabat sebagai Kasum TNI mengantikan Letjen TNI Erwin Sudjono, sedangkan Marsdya TNI Ida Bagus Sanubari, S.E.  sebelumnya menjabat sebagai Aslog Kasau.

            Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, Sesko TNI disamping sebagai penyelenggara pendidikan pengembangan umum tertinggi dan pendidikan operasi gabungan di lingkungan TNI juga melaksanakan pengkajian dan pengembangan yang berkaitan dengan tugas pokok TNI.  Oleh karenanya Sesko TNI sebagai penyelenggara pendidikan gabungan TNI harus dapat  memberikan kontribusi positif dalam kemampuan manajemen latihan dan menejemen operasional. Sebagai lembaga pengkajian dan pengembangan TNI, Sesko TNI dituntut untuk mampu meningkatkan  aktifitas forum pengkajian guna menghasilkan pemikiran-pemikiran strategis yang visioner, obyektif dan rasional.

            Mencermati perkembangan strategis pada lingkup global, regional dan nasional serta perubahan dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang sangat dinamis, menurut Panglima TNI, sangat berpengaruh terhadap pola pikir, pola tindak dan pola sikap para Perwira TNI.  Maka lembaga Sesko TNI harus selalu dapat mengaktualisasikan dan merevitalisasikan diri dalam suatu sistem mekanisme dan cara kerja yang profesional, efektif dan efisien melalui kurikulum pendidikan yang terencana dan terprogram berdasarkan sepuluh komponen pendidikan.

            Melalui pendidikan Sesko TNI, Panglima TNI mengharapkan  dapat membentuknya watak dan kepribadian Perwira TNI yang tanggap, tanggon, trengginas dan handal serta berfikir komprehensip dan antisifatif sehingga mampu menjawab setiap tantangan tugas. Disamping itu Sesko TNI juga harus selalu meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan pengembangan umum dan operasi gabungan TNI, meningkatkan kualitas kajian dan pengembangan untuk kesiapan operasional dan dapat menghasilkan doktrin yang lebih operasional, guna mendukung tugas pokok TNI.

            Pada upacara serah terima jabatan tersebut  antara lain dihadiri oleh Kasad, Kasau, Irjen TNI, Danjen Akademi TNI, Kabais TNI, para Asisten Panglima TNI, Kapuspen TNI, Danseskoad, Danseskoal, Danseskoau beserta istri. Usai upacara dilanjutkan ramah tamah dan serah terima Jabatan Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Cabang BS. IV Sesko TNI.

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 18 November 2021
Resmi Jadi Panglima TNI, Andika Perkasa Akan Lanjutkan Program Hadi Tjahjanto
Jum`at, 3 September 2021
Panglima TNI Raker di Komisi I DPR RI
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua