c9fb2a9e812153a139353118104ca03a.jpg  

Dari AAFET Worshop 2016, Angkatan Udara Negara-Negara Asean Segera Miliki Sop Penanggulangan Bencana

Jum`at, 13 Mei 2016 12:25:41 - Oleh : admin - Dibaca : 6 kali

Dari AAFET  Worshop  2016, Angkatan Udara  Negara-Negara Asean Segera Miliki Sop Penanggulangan Bencana

DISPENAU (13/5),- Menyikapi seringnya Angkatan Udara negara-negara ASEAN (Air Force Association of South East Asia Nation) terlibat dalam kerjasama bantuan dan penanggulangan bencana alam, maka dipandang perlu adanya sebuah prosedur operasi yang standar (Standard Operating Procedure-SOP) tentang penanggulangan bencana alam, terkait dengan hal tersebut, TNI AU telah mempelopori dilaksanakannya pelatihan dan pendidikan antar Angkatan Udara negara-negara ASEAN (ASEAN Air Force Education and Training Workshop-AAFET Workshop) untuk membahas draf SOP penanggulangan bencana alam.    

Sebanyak 9 Negara ASEAN, masing-masing Indonesia (TNI AU), Brunei Darussalam (TUDB), Malaysia (TUDM), Singapura (RSAF), Kamboja (RCAF), Laos (LPPAF), Thailand (RTAF), Myanmar (MAF), dan Vietnam (VPAF), ambil bagian dalam  AAFET Workshop 2016, yang digelar di hotel Sari Pan Pasific, Jakarta, Selasa (10/5).

AAFET Workshop yang berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu (10-11/5) dibuka oleh Asisten Pengamanan (Aspam) Kasau Marsekal Muda (Marsda) TNI Dedi Permadi.Dalam sambutannya, Aspam Kasau mengatakan, TNI AU memandang penting disepakatinya SOP keterlibatan Angkatan Udara negara-negara ASEAN dalam kerja sama penanggulangan bencana alam dan bantuan kemanusiaan. Ditambahkan, dengan disepakatinya SOP maka tiap-tiap Angkatan Udara akan lebih mudah dalam melaksanakan operasi bantuan bencana alam.  

"Selaku pimpinan Workshop, TNI AU berharap semua peserta dapat memberikan kontribusi positif dalam penyusunan draf SOP bantuan dan penanggulangan bencana alam bagi kepentingan kerjasama kita ke depan yang lebih baik" kata Apsam Kasau.

Dalam AAFET Workshop 2016 juga dibahas tentang pembuatan dan penggunaan website Angkatan Udara ASEAN secara bersama sebagai media komunikasi dan koordinasi kegiatan penanggulangan bencana alam. Draft SOP penanggulangan bencana yang dihasilkan dari AAFET Workshop, selanjutnya akan disyahkan penggunaannya pada forum konferensi antar Kepala Staf Angkatan udara ASEAN ke-13 (The 13th Asean Air Force Chiefs Conference) yang akan dilaksanakan di Yogyakarta pada September 2016 mendatang.

Melalui AAFET workshop, diharapkan para peserta juga dapat saling tukar pengetahuan, pengalaman dan keahlian lain di bidang Angkatan Udara. Beberapa topik yang telah disepakati bersama dalam AAFET workshop, antara lain masalah pelibatan pesawat terbang dan crew di negara yang terdampak bencana alam, termasuk juga prosedur pemberian bantuan logistik tenaga medis dan pelatihan bagi personel Angkatan Udara yang akan di libatkan.

Podcast
 
"Berbuat Baiklah"      
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 28 Februari 2024
Jokowi Hadiri Rapim TNI-Polri 2024
Rabu, 21 Februari 2024
TNI AL Kerahkan Kapal Korvet dan Helikopter Panther Ikuti Latihan dengan 47 Negara di India
Selasa, 20 Desember 2022
Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI
Jum`at, 2 Desember 2022
Panglima TNI Bersama KSAL Lepas Satgas MTF TNI Konga 28 N ke Lebanon
Jum`at, 25 November 2022
Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa




Tiktok